Cara Mengatasi Samsung Galaxy A30 Bootloop

Samsung Galaxy A30 ini kasusnya adalah Bootloop di tampilan logo saja, dan tidak mau masuk ke menu utama ponsel. Dan sudah coba dilakukan Wipe data melalui menu recovery mode, namun masih tetap sama, masih tidak mau loading ke menu Handphone. Hal selanjutnya yang akan kita lakukan adalah Flash ulang Hanphone ini.

Cara Mengatasi Samsung Galaxy A30 Bootloop

Flashing Samsung Galasy A30 menggunakan full Firmware, dan disini saya akan menggunakan Firmware Bahasa Indonesia. Dan jika handphone ini setelah dilakukan Flashing ulang masih tetap Bootloop di tampilan logo Samsung, maka sudah dipastikan Handphone ini terjadi kerusakan pada Hardware-nya dan bukan Software-nya. Maka dari itu sebelum kita mem-vonis kerusakan pada Hardware, ada baiknya kita cek terlebih dahulu pada Softwarenya.

Cara cek kerusakan pada Software Handphone terbilang cukup mudah, yaitu dengan cara melakukan Hard reset atau wipe data dan juga bisa dengan cara Flash ulang menggunakan Firmware yang Original dan bukan yang custom. Dan usahakan menggunakan Firmware yang paling terbaru, untuk melihat hasil nya.

Pada kasus Samsung A30 Bootloop ini juga, posisi handphone tidak dapat dimatikan (power off). Bisa di matikan, namun harus dengan cara cabut batterai. Tentu itu sangat beresiko dan memakan waktu juga tentunya.

Cara Mengatasi Samsung Galaxy A30 Bootloop

Sebelum melakukan eksekusi pada Samsung Galaxy A30, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan. Semua bahan sudah disediakan dibawah ini, Anda tinggal men-Downloadnya saja. Dan cobalah untuk melakukan Wipe data terlebih dahulu, tutorialnya bisa di simak pada artikel Lupa Pola/PIN Samsung A10 A20 A30 A50.
  1. Download USB Driver Samsung
  2. Download Firmware Samsung A30
  3. Download Odin3 Flashtool (pilih versi terbarunya)

Langkah Flashing Samsung Galaxy A30

1. Instal USB Driver Samsung yang sudah di download tadi, dan pastikan instalasi berjalan sukses.

2. Buka folder Odin dan jalankan aplikasi Odin3 tersebut, double klik saja dan jika muncul notifikasi maka klik OK saja.

3. Pada tampilan Odin flashtool terdapat Lima kolom, namun nanti yang akan di isi hanya empat kolom saja. Dan untuk masing-masing kolom disesuaikan dengan nama file Firmwarenya, untuk pengisiannya bisa diperhatikan gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Samsung Galaxy A30 Bootloop

4. Jika semua file sudah berhasil di masukan, langkah selanjutnya adalah mengkoneksikan Handphone dengan PC/Laptop. Karena pada kasus ini Handphone tidak dapat di non aktifkan, maka bisa menggunakan trik dibawah ini.

5. Hubungkan kabel USB, kemudian tekan Tombol Volume Bawah dan Tombol Power. Ini akan memaksa Handphone untuk melakukan restarting. Pada saat layar ponsel Mati, lepas Tombol Power dan dengan cepat tekan Tombol Volume Atas. Jadi setelah layar Handphone mati Tombol yang di tekan hanya Volume Atas dan Bawah, tunggu hingga masuk ke menu tampilan "Warning" seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Samsung Galaxy A30 Bootloop

6. Tekan Volume Atas untuk melanjutkan masuk ke menu Download mode.

7. Perhatikan gambar pada point ke 3 diatas, jika Handphone sudah terkoneksi dengan baik, maka akan muncul keterangan ID:COM.

8. Lanjut klik Start dan tunggu hingga proses Flashing selesai. Biasanya proses ini memakan waktau yang lumayan lama, sekitar 5 s/d 10 menit. Tergantung dari spesifikasi PC/Laptop yang kita gunakan dan juga dari kesehatan memori internal Handphone tersebut. Maka dari itu proses ini bisa cepat dan juga bisa lambat.

9. Proses flashing selesai dengan ditandai keterangan "RESET" yang artinya Handphone mulai restarting, dan keterangan "PASS" yang artinya proses flashing sudah selesai dan Handphone dapat dilepas dari kabel USB.

Cara Mengatasi Samsung Galaxy A30 Bootloop

10. Lepas kabel USB dari Handphone, kemudian nyalakan ponsel seperti biasa dan tunggu hingga masuk ke menu setup. Proses ini pun biasanya memakan waktu yang lumayan cukup lama, sekitar 5~10 menit. Maka dari itu tunggu saja hingga Handphone masuk ke menu setup.

Baca juga: Flash Samsung Galaxy A20 SM-A205F Full Firmware

Demikian tutorial kali ini yang membahas tentang Cara Mengatasi Samsung Galaxy A30 Bootloop, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat yang sedang membutuhkan, Salam.

Subscribe to receive free email updates:

Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Mengatasi Samsung Galaxy A30 Bootloop"

Post a Comment