Lupa Account Google Samsung J2 Prime? Ini Solusi Mudahnya!

Lupa Account Google Samsung J2 Prime - Assalamu'alaikum, Berjumpa lagi dengan Elektro Update disini. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang Cara Mengatasi Lupa Account Google pada Samsung Galaxy J2 Prime, kasus seperti ini biasanya terjadi setelah kita melakukan Wipe data / Factory reset (Kembali ke pengaturan pabrik). Setelah melakukan reset data dan handphone melakukan booting, maka handphone tidak akan bisa setup sampai ke menu utama, karena di haruskan handphone terkoneksi dengan jarigan internet agar dapat memasukan Email dan Password yang di gunakan pada handhone tersebut sebelum di reset data pabrik.

Lupa Account Google Samsung J2 Prime

Lalu bagaimana jika kita lupa dengan Email atau Password akun google kita? tentu handphone tidak dapat digunakan karena Samsung Galaxy J2 Prime ini memiliki sistem keamanan yang bernama Factory Reset Protection. Yang artinya handphone akan otomatis meminta memasukan verisikasi akun google yang sebelumnya di gunakan demi keamanan dan kenyamanan pengguna.

Untuk mengatasi masalah terkunci nya FRP Samsung Galaxy J2 sangat mudah, silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

Bypass FRP Akun Google Samsung J2 Prime

Langkah-langkah Awal

1. Komeksikan handphone anda ke jaringan internet dengan menggunakan wifi terlebih dahulu.

2. Kemudian aktifkan fungsi "Talkback" dengan cara menekan tombol HOME sebanyak 3 kali dengan cepat dan tunggu hingga muncul tulisan "talkback enable" atau muncul suara yang menyatakan talkback enable (aktif), jika keterangan tersebut belum muncul, maka ulangi lagi menekan tombol HOME 3 kali.

Lupa Account Google Samsung J2 Prime

Setelah itu tunggu hingga muncul tampilan talkback tutorial.

3. Pada tampilan Tutorial TalkBack, buat sentuhan layar hingga membentuk huruf "L" (leter L). Lihat gambar dibawah ini.


Lupa Account Google Samsung J2 Prime

Lakukan hingga muncul "Menu Konteks Global", kemudian pilih opsi "text to speech settings" (sentuh sekali dulu, kemudian sentuh 2 x dengan cepat) hingga muncul layar text to speech settings.

Lupa Account Google Samsung J2 Prime

4. Setelah masuk pada tampilan text to speech settings, non aktifkan kembali fungsi Talkback-nya dengan cara yang sama yaitu tekan tombol home 3x dengan cepat. Setelah talkback di nonaktifkan lalu kita kembali ke bagian awal lagi dengan cara tekan tombol panah di kiri atas layar secara perlahan kira kira 3x hingga anda sampai di menu “Setting” (pengaturan)

Lupa Account Google Samsung J2 Prime

5. Pada menu Pengaturan, kita scrol kebawah dan kita pilihk "Panduan Pengguna", kemudian akan muncul browser Samsung J2 dan jika muncul notif "Perbaharui Internet" kita pilih "Batal" saja.

6. Selanjutnya pada browser ketikan alamat berikut https://elektroupdate.com kemudian pilih "FRP Tools" lihat gambar dibawah.

Lupa Account Google Samsung J2 Prime

Kemudian cari ANDROID 6.X dan Download kedua file yang tersedia, Google Account Manager apk dan Quick Shortcut Maker. Pastikan file benar-benar sudah selesai di download agar dapat diinstal.

7. Untuk mengetahui lokasi file yang telah di download tadi, klik Bookmark yang berada di sebelah bawah dekat tombol home, kemudian klik menu History dan pilih Riwayat Unduhan.

Lupa Account Google Samsung J2 Prime

8. Install terlebih dahulu apk Google Account Manager, jika muncul pesan Blocked (Pemasangan dicekal) pilih setting (setelan). Lalu, aktifkan unknown sources (Sumber tdk diketahui) lalu Install apk tersebut dan jika sudah terinstall, klik selesai.

9. Setela selesai install Google Account Manager, kemudian install kembali apk Quick Shortcut Maker. Jika sudah selesai diinstall langsung saja klik Buka apk tersebut.

Baca juga: Flash Samsung Galaxy A20 SM-A205F

Langkah-langkah Bypass

10. Pada layar akan muncul beberapa aplikasi, lalu ketikkan google maka akan muncul beberapa pilihan disana, lalu klik Google Account Manager (Pengelola Akun Google). Dari beberapa pilihan yang muncul, cari dan pilih Pengelola Akun Google yang di bawahnya terdapat tulisan, "Ketikan Email dan sandi”.

Lupa Account Google Samsung J2 Prime

11. Setelah itu akan di bawa ke mode edit, silahkan pilih "Coba”. Anda akan dibawa ke halaman "Ketik ulang sandi", dan perhatikan titik 3 di pojok kanan atas lalu klik dan pilih Masuk Browser dan kemudian klik Ok.

12. Anda akan dibawa ke halaman browser dan disitu anda siapkan akun google dan password yang anda ingat dan jangan sampai lupa lagi ya. Kemudian masukan email anda dan tentu dengan passwornya juga. Tunggu hingga proses sign in google berhasil.

13. Jika sudah berhasil Sign in pada google, anda akan dibawa kembali ke halaman Coba seperti pada point ke-11 diatas. Disitu langsung saja tekan tombol Power dan langsung restart handphone anda.

14. Setelah handphone restart, handphone anda akan masuk ke halaman Selamat Datang seperti halnya handphone setelah di reset data pabrik. Ikuti petunjuknya hingga selesai dan Selamat handphone anda sudah kembali normal.

Demikian sedikit tutorial tentang Cara Mengatasi Lupa Account Google Pada Samsung J2 Prime, Semoga dapat bermanfaat dan wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.