Cara Mudah Unlock Bootloader (UBL) All Type Oppo Smartphone

Cara Mudah Unlock Bootloader (UBL) - Hallo sobat opreker, berjumpa lagi dengan Elektro Update disini. Pada kesempatan kali ini Elektro Update ingin berbagi tentang Cara Mudah Unlock Bootloader (UBL) pada Oppo Smartphone. Ada 2 cara yang bisa kita gunakan untuk Unlock Bootloader, yaitu dengan menggunakan Aplikasi Oppo Tools dan Adb Fastboot. Untuk yang menggunakan aplikasi Oppo Tools hanya dapat digunakan pada type Oppo Find 5 kebawah, untuk type diatasnya mungkin bisa gunakan cara kedua.

Cara Mudah Unlock Bootloader (UBL) All Type Oppo Smartphone


Baca juga: Cara Flash dan Downgrade Oppo A37F Dengan Mudah 100% Work

Unlock Bootloader (UBL) Oppo Smartphone

Dengan mengaktifkan fungsi Unlock Bootloader Anda dapat Dengan leluasa mengakses file sistem, seperti melakukan proses root, install twrp dan install custom rom. Untuk lebih lanjut mengenai tutorial Unlock Bootloader Oppo Smartphone, yuk simak artikel dibawah ini!!

Unlock Bootloader Via Oppo Tools

Dengan menggunakan aplikasi Oppo Tools Anda tidak perlu pusing-pusing unlock menggunakan cara yang membingungkan, apalagi bagi orang awam seperti saya. Hanya dengan satu klik, Oppo Smartphone anda langsung terbuka kunci bootloadernya (Unlock Bootloader).

Ya, hanya dengan satu klik Handphone Oppo Smartpone sobat langsung ter- Unlock Bootloader nya. Namun demikian tentu saja ada syarat yang di perlukan agar aplikasi Oppo Tools ini dapat berjalan dengan baik pada Smartphone Oppo sobat. Syarat agar aplikasi ini dapat berjalan dan dapat dioperasikan adalah dengan memberikan akses root, jadi Handphone sobat harus sudah di root ya. Karena fungsi Unlock Bootloader ini adalah membuka akses bagi developer agar dapat memodifikasi sistem, agar dapat masuk ke sistem maka di perlukan akses root.

Langkah-langkah Unlock Bootloader:

Bahan yang diperlukan adalah:
1. Download Kingroot (gunakan versi terbaru)
2. Download Aplikasi Oppo Tools
Baca juga: Cara Flash dan Downgrade Oppo A39 Agar Dapat di Root
Unlock Bootloader (UBL)


1. Download Oppo Tools apk kemudian instal pada smartphone oppo yg akan di unlock.
2. Jalankan aplikasi Oppo Tools, berikan akses root dengan mengklik "Ijinkan".
3. Lihat gambar diatas, pilih pada menu "COMMON", kemudian pilih "BOOTUNLOCKER".
4. Perhatikan pada kolom "Bootloader Status" jika "Locked" berarti handphone masih dalam keadaan terkunci, maka sobat tinggal klik "UNLOCK". Namun jika pada kolom Bootloader Status sudah "Unlocked" berarti bootloader sudah ter-Unlock. Sobat tinggal instal TWRP saja.


Unlock Bootloader Via ADB Fastboot


Jika langkah diatas tidak dapat digunakan atau tidak berfungsi pada Smartphone Oppo Anda, Anda dapat menggunakan cara yang kedua ini, yaitu menggunakan ADB Fastboot. Cara yang kedua ini mungkin terlihat sedikit rumit, namun jika dilakukan dengan benar sesuai dengan tutorial, dijamin cara ini mudah untuk dilakukan.

Bahan – bahan yang diperlukan:
1. Komputer atau Laptop.
2. Kabel USB/Kabel data.
3. Download ADB and Fastboot Tools.
4. Download Driver USB Oppo.

Langkah-langkah Unlock Bootloader Oppo

1. Download dan Instal USB Driver Oppo.

2. Download dan Ekstrak ADB and Fastboot tools.

3. Pada Handphone Oppo yang akan di eksekusi, buka menu Pengaturan --> Opsi pengembang (Developer option), kemudian Aktifkan/Enable USB Debugging dan Buka kunci OEM (Unlock OEM). Jika tidak terdapat menu Buka kunci OEM, maka Anda cukup mengaktifkan USB Debugging saja.

4. Buka folder ADB and Fastboot tools yang sudah di extract tadi, kemudian tekan dan tahan tombol "shift" pada keyboard komputer/laptop anda dan klik kanan pada tampilan folder yang kosong. Kemudian pilih Open command window here atau Open PowerShell window here.

Cara Mudah Unlock Bootloader (UBL) All Type Oppo Smartphone

5. Masuk ke menu fastboot mode dengan cara matikan handphone, kemudian tekan dan tahan Tombol Volume Bawah + Tombol Power secara bersamaan hingga masuk ke Fastboot Mode.

6. Hubungkan Handphone Oppo Smartphone ke Komputer/Laptop menggunakan kabel USB.

7. Pada Komputer/laptop ketik fastboot devices. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah handphone sudah terbaca oleh komputer/laptop dengan baik atau tidak, jika muncul nomor seri seperti pada contoh gambar dibawah ini maka anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Cara Mudah Unlock Bootloader (UBL) All Type Oppo Smartphone

8. Selanjutnya ketikkan fastboot oem unlock, jika gagal atau failed coba ganti dengan menggunakan comand fastboot oem unlock-go, jika berhasil maka akan tampil tulisan finished.

9. Kemudian ketikkan lagi fastboot reboot dan handphone akan reboot/restart secara otomatos.

10. Selemat, handphone Oppo Smartphone Anda sudah berhasil ter- Unlock Bootloader nya. Sekarang tinggal terserah Anda mau diapakan Handphone tersebut.

Demikian tutorial kali ini tentang Cara Mudah Unlock Bootloader (UBL) All Type Oppo Smartphone, selamat mencoba dan semoga berhasil. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Cara Mudah Unlock Bootloader (UBL) All Type Oppo Smartphone"

  1. Ane pakai kingroot untuk root oppof7 tapi ngeroot nya gak berhasil bro.ana solusi atau cara lain gak supaya berhasil?

    ReplyDelete
  2. Ane pakai kingroot untuk root oppof7 tapi ngeroot nya gak berhasil bro.ada solusi atau cara lain gak supaya berhasil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di Unlock belum Bootloadernya (UBL)?

      Delete
    2. Udah donlod oppo tools tapi oppo f7 gak support untuk unlock bootloader nya gan
      Tolong dong gimana bisa unlock bootloader

      Delete
  3. kalau belum d unlock tapi hp bootlop cara benerin nya gmn yh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wipe data/factory reset kalo ga mempan ya di flash

      Delete