-->

Flash Samsung Galaxy A20 SM-A205F Full Firmware

Flash Samsung Galaxy A20 SM-A205F untuk mengatasi masalah yang terjadi pada Handphone kesayangan anda, seperti Bootloop, Hang logo, aplikasi tidak berjalan semestinya, Handphone terasa berat, dan lain sebagainya. 

Flashing disini Elektro Update menggunakan file full firmware, dalam artian Firmware ter-update dari Samsung, file ini biasanya digunakan untuk mengatasi bug atau error pada Samsung A20 yang sering mengalami error pada fitur tertentu.

Flash Samsung Galaxy A20 SM-A205F

Pada kasus yang pernah saya dapati, pada Samsung A20 terjadi error pada fitur wireless seperti Bluetooth dan Wifi tidak dapat diaktifkan. Pada kasus seperti ini biasanya 90% terjadi kerusakan pada sistem Hardware (perangkat keras), namun apa salahnya jika kita coba mengatasinya dari yang termudah, seperti flash ulang Software nya. Ya walaupun peluang keberhasilannya hanya 5% sampai 10% saja.

Samsung A20 Bootloop secara tiba-tiba juga sering terjadi, biasanya dikarenakan kegagalan sistem atau kesalahan dalam melakukan setting. Dan jika hal ini terjadi, sebenarnya cukup mudah dalam mengatasi permasalahannya tanpa harus melakukan Flash ulang. Yaitu dengan cara Hard reset (kembali ke pengaturan pabrik), namun jika hal tersebut tidak dapat mengatasi masalah Bootloop, maka Flash ini lah jalan keluarnya.

Cara Flash Samsung Galaxy A20 SM-A205F

Sebelum melakukan flashing, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang sudah di sediakan dibawah ini:
  1. Download USB Driver Samsung
  2. Download Odin3 Flashtool (Pilih versi yang terbaru)
  3. Download Firmware Samsung (pilih file yang terbaru atau sesau selera Anda)

Download semua bahan yang sudah disediakan diatas, kemudian jadikan dalam satu folder dan ekstrak file yang sudah di download tersebut.

Langkah-langkah Flashing Samsung A20

1. Instal USB Driver Samsung yang sudah di download tadi, dan pastikan instalasi berjalan sukses.

2. Buka folder Odin dan jalankan aplikasi Odin3 tersebut, double klik saja dan jika muncul notifikasi maka klik OK saja.

3. Pada tampilan Odin flashtool terdapat Lima kolom, namun nanti yang akan di isi hanya empat kolom saja. Dan untuk masing-masing kolom disesuaikan dengan nama file Firmwarenya, untuk pengisiannya bisa diperhatikan gambar dibawah ini.

Flash Samsung Galaxy A20 SM-A205F

4. Jika semua file sudah berhasil di masukan, langkah selanjutnya adalah mengkoneksikan Handphone dengan PC/Laptop. Caranya matikan Handphone terlebih dahulu kemudian masuk ke Download mode samsung dengan cara pada posisi handphone mati, tekan dan tahan tombol Volume atas dan Volume bawah kemudian hubungkan kabel USB dan tunggu hingga muncul keterangan "Warning" pada layar Handphone barulah lepas kedua tombol volume tersebut. Pada keterangan "Warning" terdapat dua pilihan yaitu, Volume up untuk Continue dan Volume down untuk Cancel (restart phone), disini tekan tombol volume atas untuk melanjutkan hingga tampilan layar berubah menjadi "Downloading...".

Baca juga: Cara Flash Samsung Galaxy J2 Prime SM G532G

5.Perhatikan pada kolom ID:COM, jika handphone sudah benar-benar terkoneksi dengan baik, maka pada kolom tersebut akan muncul ID COM Handphone tersebut dengan ditandai warna biru muda seperti pada contoh gambar diatas.

6. Langsung saja tekan tombol "Start" untuk melakukan flashing dan tunggu hingga proses flashing selesai. Biasanya proses ini memakan waktau yang lumayan lama, sekitar 5 s/d 10 menit. Tergantung dari spesifikasi PC/Laptop yang kita gunakan dan juga dari kesehatan memori internal Handphone tersebut. Maka dari itu proses ini bisa cepat dan juga bisa lambat. 

Flash Samsung Galaxy A20 SM-A205F

7. Proses flashing selesai dengan ditandai ketengangan "RESET" yang artinya Handphone mulai restarting, dan keterangan "PASS" yang artinya proses flashing sudah selesai dan Handphone dapat dilepas dari kabel USB.

8. Sampai disini proses loading Handphone juga bisa memakan waktu yang lumayan lama, jadi tunggu saja dan bersabarlah. Jangan panik apalagi memaksakan untuk menekan tombol Power, tunggu saja 5 s/d 10 menit.

Demikian tutorial kali ini tentang Cara Flash Samsung Galaxy A20 SM-A205F Full Firmware, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

Show comments
Hide comments

0 Response to "Flash Samsung Galaxy A20 SM-A205F Full Firmware"

Post a Comment