Mengatasi Lupa Pola/PIN Samsung A10 A20 A30 A50

Samsung Galaxy A Series  lupa Pola, PIN atau Kata sandi pada Samsung A10, A20, A30, A50, A70 dan semacamnya. Anda dapat mengatasinya dengan mudah, namum butuh kecekatan dan ketelitian juga tentunya. Disini pada kesempatan kali ini Elektro Update ingin berbagi sedikit pengalaman tentang Cara mengatasi permasalahan tersebut diatas, silahkan disimak artikel ini hingga selesai.

Mengatasi lupa Pola, PIN atau Kata sandi pada Samsung A10, A20, A30, A50, A70

Untuk masalah lupa Pola, lupa Kata sandi dan atau lupa PIN ini bisa terjadi karena beberapa alasan, dan alasan yang sering saya jumpai adalah mereka bilang kalau Handphone sudah beberapa hari tidak digunakan dan di simpan begitu saja, dan ketika ingin menggunakannya mereka lupa dengan bentuk pola, pin atau kata sandi yang digunakan.

Resiko yang harus di terima ketika kita lupa dengan bentuk Pola, PIN atau Kata sandi adalah mau tidak mau kita harus siap kehilangan data penting yang tersimpan pada Memory Handphone kita, karena solusi utamanya untuk mengatasi masalah ini adalah melakukan Wipe data/Factory reset yang artinya mengembalikan setingan Handphone ke pengaturan awal pabrik.

Mengatasi Lupa Pola/PIN Samsung A10 A20 A30 A50

Sebelum melakukan atau lanjut ke tutorial ini, saya sarankan untuk mengisi daya batterai handphone minimal 50%, untuk mengurangi resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Oke langsung aja kita mulai tahap Wipe data dengan masuk ke menu Recovery mode Samsung.

Pada Samsung Seri A ini jika terjadi lupa Pola, PIN atau Kata sandi, maka handphone otomatis tetap terjaga alias tidak dapat di matikan. Bahkan untuk di restart saja tidak bisa, maka dari itu saya harapkan untuk menyimak baik-baik tutorial ini agar mudah dipahami dan di praktekan.

  1. Dalam keadaan Handphone menyala, tekan dan tahan Tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan hingga layar Handphone mati atau gelap (blank hitam).
    Mengatasi lupa Pola, PIN atau Kata sandi pada Samsung A10, A20, A30, A50, A70
  2. Ketika layar Blank Hitam, dengan cepat Lepas Tombol Volume Down dan kemudian dengan cepat pula pindah berganti tekan Tombol Volume Up. Pada tahap ini Anda tetap menekan Tombol Volume Up + Power.
    Mengatasi lupa Pola, PIN atau Kata sandi pada Samsung A10, A20, A30, A50, A70

  3. Perlu di perhatikan pada point No. 2 diatas. Pindahkan jari Anda dari Volume Down ke Volume Up dengan cepat. jika gagal masuk ke menu Recovery mode, maka Anda harus mengulangnya lagi dari awal seperti pada point No.1 hingga berhasil masuk ke Menu Recovery mode
    .
  4. Tekan dan tahan Volume Up + Power hingga muncul tampila "No Command", kemudian lepas kedua tombol tersebut dan tunggu beberapa saat hingga Handphone masuk ke menu tampilan Recovery mode.
  5. Jika sudah masuk ke menu Recovery mode, Anda dapat menggunakan tombol Volume untuk navigasi atas dan bawah, dan tombol Power untuk konfirmasi (Ok)
  6. Gunakan Volume Down untuk memilih "Wipe data/Factory reset" kemudian tekan tombol Power untuk konfirmasi (Ok).
    Mengatasi lupa Pola, PIN atau Kata sandi pada Samsung A10, A20, A30, A50, A70

  7. Ketika kita memilih "Wipe data/factory reset" terdapat notif merah yang artinya, jika kita melakukan reset pada Handphone ini, maka tetap kita akan diminta untuk memasukan Email dan Password Google yang sebelumnya digunakan pada Handphone ini.
  8. Pilih "Factory data reset".
    Mengatasi lupa Pola, PIN atau Kata sandi pada Samsung A10, A20, A30, A50, A70

  9. Tunggu hingga proses Wipe data selesai.
  10. Jika proses Wipe data sudah selesai, kemudian pilih "Reboot system now", dan tunggu hingga Handphone selesai booting.
    Mengatasi lupa Pola, PIN atau Kata sandi pada Samsung A10, A20, A30, A50, A70

  11. Proses Booting ini lumayan cukup lama ya, jadi jangan kawatir ataupun panik, tunggu saja. Biasanya bisa memakan waktu 5~15 Menit, jadi bersabarlah.
  12. Jika Handphone sudah menyala, maka lakukan Setup Handphone seperti biasa, pilih Bahasa, pilih lokasi dan seterusnya.
  13. Jika muncul halaman yang meminta untuk memasukan Pola, Kata sandi atau PIN, Anda bisa menggunakan menu pilihan "Gunakan akun google saya", kemudian masukan Email dan Password yang Anda gunakan sebelumnya pada Handphone kesayangan Anda tersebut.
  14. Setelah berhasil Login ke akun google, lanjutkan Setup Handphone hingga masuk ke menu tampilan Handphone.

Untuk kasus jika Anda juga lupa akun googlenya, Insya Alloh lain kesempatan akan dibuatkan juga artikelnya. Demikian tutorial kali ini tentang Cara Mengatasi Lupa Pola/PIN Samsung A10 A20 A30 A50, semoga dapat bermanfaat. Salam