Hard Reset Vivo Y20 Y30 Kembali ke Pengaturan Pabrik

Hard Reset Vivo Y20 Y30 – Hard Reset atau Factory reset adalah posisi dimana Handphone di seting ulang ke pengaturan pabrik, atau dalam Bahasa Indonesianya adalah Kembali ke pengaturan pabrik. Proses ini akan menghapus semua data yang tersimpan dalam memory internal Handphone, seperti Pesan SMS, Log panggilan, Foto, video dan file lainnya.

Hard Reset Vivo Y20 Y30 Kembali ke Pengaturan Pabrik

Hal yang mengharuskan User (pengguna) melakukan Hard Reset adalah karena beberapa factor seperti, aplikasi yang sering force close, tidak responsif lagi, terindikasi terinfeksi virus atau malware, lupa pola, lupa akun google, atau hanya sekedar ingin menghapus seluruh data yang tersimpan pada memory internal Handphone dengan mudah dan cepat.

Pada kesempatan kali ini Elektro Update ingin berbagi tutorial tentang Cara Hard Reset Vivo Y20 dan Vivo Y30, ada 2 cara yang akan saya share pada artikel ini yaitu melalui Menu Pengaturan pada Handphone dan melalui Menu Recovery Mode.

Hard Reset Vivo Y20 Dan Y30

Semua Handphone dengan type dan merk apapun semestinya sudah dilengkapi dengan fitur opsi reset (Kembali ke pengaturan pabrik), agar memudahkan bagi para pengguna untuk memperbaiki masalah yang sering terjadi pada Handphone tersebut.

Perlu diingat dan di garis bawahi, jika melakukan Hard reset ini beresiko menghapus semua data yang tersimpan pada internal storage (memory internal). Maka dari itu lakukan backup data dan file penting sebelum melakukan Hard reset atau factory reset (Kembali ke pengaturan pabrik). 

Dan pastikan juga bahwa anda ingat dengan akun Google seperti, Email dan Password yang tertaut pada Handphone yang akan di eksekusi ini. Karena jika anda lupa dengan akun google yang tertaut atau yang terpasang pada Handphone ini, maka proses nya akan sedikit rumit lagi tentunya.

Hard Reset Vivo Via Menu Seting (Pengaturan)

Pada metode ini kita akan menggunakan opsi yang sudah disediakan oleh pabrikan, yaitu melalui menu Pengaturan. Dan disini Anda juga dapat melakukan backup data (mencadangkan data) sebelum menghapus semua data.

Hard Reset Vivo Y20 Y30 Kembali ke Pengaturan Pabrik

1. Buka menu Setting (Pengaturan).

2. Selanjutnya klik opsi Setelan lainnya.

3. Aktifkan opsi Mencadangkan dataku, jika anda ingin mem-backup data anda.

4. Kemudian pilih Hapus semua data.

5. Setelah itu klik tombol Bersihkan sekarang.

6. Kemudian pilih Hapus semua.

7. Tunggu hingga proses selesai dan Handphone akan secara otomatis restart.

8. Setelah Handphone menyala, lanjutkan ke Langkah Setup handphone seperti setting lokasi, pilih Bahasa dan seterusnya hingga Handphone masuk ke tampilan menu halaman (Home Screen).


Hard Reset Vivo Via Recovery Mode

Hard reset via Recovery mode ini biasa dilakukan jika kita tidak dapat masuk ke Menu Handphone (Home screen), dikarenakan lupa Pola, PIN dan atau Kata sandi. Atau juga dikarenakan aplikasi yang error seperti seringnya muncul notifikasi Aplication force close, yang sangat menggangu aktifitas dan kinerja pada Handphone.

Perlu di perhatikan sebelum melakukan Hard reset via Recovery ini, usahakan isi daya batterai terlebih dahulu, minimal 50% untuk dapat melanjutkan dan mengurangi resiko hal yang tidak diinginkan. Dan pastikan juga anda masih ingat dengan Akun Google yang tertaut pada Handphone sebelumnya, karena setelah melakukan Hard reset ini, untuk dapat Kembali menggunakan Handphone kesayangan and ini, di perlukan memasukan Akun Google yang sebelumnya tertaut dengan Handphone.

1. Matikan Handphone yang akan di eksekusi, tunggu beberapa saat hingga Handphone benar-benar dalam keadaan mati.

2. Tekan dan tahan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan hingga masuk ke menu Fastboot Vivo.

Hard Reset Vivo Y20 Y30 Kembali ke Pengaturan Pabrik

3. Gunakan tombol Volume untuk navigasi atas bawah, dan pilih Recovery Mode. Tekan tombol Power untuk konfirmasi (OK).

4. Pada tampilan halaman Vivo Recovery, Pilih Clear data (Wipe data).

Hard Reset Vivo Y20 Y30 Kembali ke Pengaturan Pabrik

5. Kemudian kita akan di suguhkan 2 pilihan, Clear cache (Wipe cache) dan Clear all data (Wipe data/factory reset).

Hard Reset Vivo Y20 Y30 Kembali ke Pengaturan Pabrik

6. Pilih Cleare cache (Wipe cache), dan tunggu prosesnya hingga selesai.

7. Selanjutnya pilih Clear All data (Wipe data/factory reset), dan tunggu hingga prossesnya selesai.

8. Jika Cleare cache dan Clear all data sudah selesai dilakukan, kemudian kembali ke halaman awal Recovery sepeti gambar pada point No.4 diatas, dengan cara klik tombol "<" yang berada di pojok kiri atas.

9. Kemudian pilih Restart (Reboot).

10. Proses Restart (Reboot) ini biasanya memakan waktu yang lumayan lama, kadang bisa 10~15 menit. Jadi jangan panik dan tetap sabar menunggu hingga handphone masuk ke menu Setup.

Reset Kunci Pola/PIN/Password Vivo Y20

Jika Anda lupa dengan Kunci Pola, PIN atau Kata sandi, jangan panik dulu, Anda dapat mereset nya melalui layanan Google Find My Device. Berikut caranya:


1. Masuk ke halaman Google Find My Device dengan menggunakan browser Laptop/PC atau bisa juga menggunakan handphone yang ada.

2. Kemudian Login dengan Akun Google yang tertaut dengan Handphone Vivo Y20 Anda.

3. Jika sudah terhubung, Anda akan melihat informasi ponsel Anda seperti pada gambar dibawah ini.

Hard Reset Vivo Y20 Y30 Kembali ke Pengaturan Pabrik

4. Pilih opsi HAPUS PERANGKAT.

5. Kemudian konfirmasi dengan klik tombol Hapus Perangkat.

6. Selanjutnya Anda akan diminta memasukkan lagi kata sandi Akun Google.

7. Setelah itu biasanya Handphone akan otomatis melakukan Reset dengan sendirinya.

Demikian lah beberapa Tutorial tentang Cara Hard Reset Vivo Y20 Y30 Kembali ke Pengaturan Pabrik, semoga dapat bermanfaat dan tetap berhati-hati dalam melakukan eksekusi. Admin Elektro Update tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi atas kelalaian Anda, Terimakasih dan Salam.