Cara Mengatasi Lupa Pola Samsung Galaxy A50 Android 11

Samsung A50 lupa Pola, PIN atau Kata sandi dapat diatasi dengan mudah jika kita mengingat Akun Google yang tertaut dengan ponsel tersebut, namun beda halnya jika kita juga lupa dengan email dan password akun google tersebut. Jelas tidak mudah untuk mengatasinya, walaupun banyak bertebaran tutorial di internet, namun semua itu tidak lepas dari resiko yang akan dihadapi.

Lupa Pola Samsung Galaxy A50

Untuk beberapa kasus jika kita lupa Pola, PIN atau Kata sandi tapi kita ingat dengan email dan password akun google yang terpasang pada handphone tersebut, cara mengatasinya cukup mudah, hanya dengan memilih pilahan “Lupa pola” dan kemudian kita akan diarahkan untuk login menggunakan akun email yang tertaut, dan semua masalah teratasi. Tetapi berbeda dengan Samsung Galaxy A50 dengan System Operasi Android 11 ini, tidak ada pilihan Lupa pola, lupa PIN dan lupa Kata sandi.

Lalu bagaimana cara mengatasi lupa pola, pin atau kata sandi Samsung Galaxy A50?. Untuk solusinya ya harus di Hard reset/factory reset (Kembali ke pengaturan pabrik), dan resikonya semua data yang tersimpan pada memori internal Handphone akan hilang atau terhapus.

Hard Reset Samsung Galaxy A50

Hard reset atau factory reset dapat dilakukan melalui menu recovery mode, untuk masuk ke menu recovery mode caranya: Posisi Handphone dalam keadaan hidup, kemudian tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Tombol Power secara bersamaan hingga handphone mati, lalu lepas volume bawah dan ganti tekan volume atas hingga muncul logo Samsung kemudian lepaskan kedua tombol tersebut, dan tunggu hingga masuk ke menu recovery mode. Namun metode ini hanya berlaku untuk OS Android 10 kebawah saja ya, beda lagi dengan Android 11. Lebih jelasnya bisa baca artikel ini Mengatasi Lupa Pola/PIN Samsung A10 A20 A30 A50

Hard Reset Samsung Galaxy A50 Android 10

1. Kuncinya untuk dapat masuk ke menu recovery pada Android 10 ini adalah kabel USB yang terhubung pada PC/Laptop.

2. Posisi Handphone dalam keadaan menyala, kemudian hubungkan kabel USB dan pastikan kabel USB terhubung dengan baik (ada tanda pengisian batterai).

3. Tekan dan tahan tombol Volume bawah + Power secara bersamaan, tekan terus hingga layar Handphone mati. Pada saat layar Handphone mati, lepas tombol Volume bawah kemudian dengan cepat pindah menekan tombol Volume atas. Tekan kedua tombol tersebut hingga muncul logo Samsung dan kemudian bisa di lepas. tunggu hingga tampilan masuk ke menu recovery mode.

4. Gunakan tombol Volume atas dan bawah untuk navigasi, dan pilih Wipe data/factory reset tekan tombol Power untuk OK. Kemudian pilih kembali Reset ke setelan pabrik, dan tunggu hingga proses wipe data selesai.

Lupa Pola Samsung Galaxy A50

5. Pilih Reboot system now dan tunggu hingga ponsel masuk ke menu setup, biasanya proses ini memakan waktu yang lumayan lama, antara 5~10 menit. Jadi ditunggu saja dan jangan panik ya.

Jika masih bingun atau masih kurang paham, Anda juga dapat menyimak video berikut dibawah ini untuk tutorial tentang Cara Mengatasi Lupa Pola Samsung Galaxy A50 Android 11. Terimakasih.