Solusi Redmi Note 4/4X Nikel Mediatek Restart Terus

Sejak bulan Februari 2022 kemarin ada kasus yang lagi viral, yaitu Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi Note 4x Nikel yang setelah dilakukan update Layanan Google Play ke Versi terbaru, handphone selalu restart terus menerus. Jadi kasusnya adalah setelah masuk ke menu layer ponsel, handphone Kembali restart dan begitu seterusnya.

Solusi Redmi Note 4/4X Nikel Mediatek Restart Terus Menerus

Setelah baca-baca di beberapa Group teknisi posel maupun di forum teknisi ponsel, ternyata kasus tersebut terjadi karena kemungkinan adanya bug pada update terbaru dari aplikasi layanan google play versi 22.x.x dengan settingan gps pada posisi akurasi tinggi.

Jadi Ketika settingan GPS pada posisi Akurasi tinggi, handphone akan restart terus menerus. Tapi jika pada setingan GPS kita pilih Hemat baterai atau GPS saja, maka handphone akan normal dan tidak restart. Namun ada pula yang ketikan mengaktifkan fitur lokasi, walaupun tidak menggunakan Akurasi tinggi handphone selalu restart, dan jika di matikan fitur lokasi maka handphone normal dan tidak restart.

Solusi Redmi Note 4/4X Mediatek Nikel Restart

Pada kesempatan kali ini Elektro Update ingin berbagi Solusi mengatasi Redmi Note 4 dan atau Redmi Note 4X Mediatek Nikel yang restart terus menerus. Tutorial kali ini kita akan mencoba memaksa Uninstall dan kemudian menginstall kembali aplikasi layanan google dengan versi yang berbeda. Langsung aja kita mulai eksekusinya!!!

Bahan-bahan yang di perlukan.


Langkah-langkan Eksekusi Redmi Note 4/4X Restart

1. Download semua bahan yang diperlukan diatas, kemudian ekstrak filenya.

2. Instal Universal driver QcomMtk_Driver_Setup_V3.0.3, Untuk cara installnya bisa lihat disini.

3. Install 15 Second ADB Driver Installer v1.4.5 dengan cara klik kanan "Run as administrator", Kemudian muncul pertanyaan "Do you want to install ADB and Fastboot? (Y/N)". Seperti pada gambar dibawah ini, tekan saja huruf "Y".

Solusi Redmi Note 4/4X Nikel Mediatek Restart Terus Menerus

Muncul lagi pertanyaan "Install ADB system-wide? (Y/N)", tekan lagi huruf "Y" dan begitu seterusnya hingga muncul tampilan Install driver. Klik  Next saja terus hingga Finish.

Solusi Redmi Note 4/4X Nikel Mediatek Restart Terus Menerus

4. Hasil install 15 Second ADB Driver Installer v1.4.5 akan ada pada Local Disk (C:) nama folder adb (C:\adb) Laptop/PC Anda.

5. Copy file Google_installer.apk kemudian paste pada folder adb (C:\adb).

Solusi Redmi Note 4/4X Nikel Mediatek Restart Terus Menerus

6. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan USB Debugging pada ponsel, agar ponsel tidak restart maka yang perlu dilakukan adalah mengaktifkan Mode pesawat terlebih dahulu.

7. Buka menu Pengaturan (Setting) -> Tentang ponsel (About phone) -> Ketuk sebanyak 7x pada Versi MIUI (MIUI Version).

8. Setelah itu klik tombol Kembali (menu Pengaturan) -> Pengaturan lainnya (Additional setting) -> Opsi Pengembang (Developer Options) -> Aktifkan USB Debugging (Enable). Kemudian hubungkan ponsel ke PC/Laptop menggunakan kabel data/kabel USB.

9. Kembali ke PC/Laptop jalankan CMD dengan cara, pada folder adb letakan kursor pada bagian halaman yang kosong, lalu tekan tombol Shift pada keyboard kemudian klik kanan, dan pilih Open command window here. Lihat gambar contoh dibawah ini!!!

Solusi Redmi Note 4/4X Nikel Mediatek Restart Terus Menerus

10. Langkah selanjutnya ketik perintah adb devices pada command untuk mengecek apakah handphone sudah terkoneksi ke PC/Laptop dengan baik.

Solusi Redmi Note 4/4X Nikel Mediatek Restart Terus Menerus

11. Jika device sudah terhubung dengan baik, lanjut ketik lagi perintah adb shell.

12. Lanjut lagi ketik pm uninstall -k --user 0 com.google.android.gsf yang berfungsi untuk meng-Uninstall layanan google.

13. Selanjutnya ketik lagi perintah adb install google_installer.apk yang berfungsi untuk meng-Install aplikasi layanan google.

14. Sampai disini semua proses sudah selesai, selanjutnya restart handphone dengan mengetik perintah adb reboot. Otomatis ponsel akan restart secara otomatis.

15. Selesai. Cek hasilnya dengan cara mengaktifkan layanan lokasi dan pilih Akurasi tinggi, dan coba jalankan navigasi pada aplikasi Maps.

Demikian tutorial tentang Solusi Redmi Note 4/4X Nikel Mediatek Restart Terus Menerus, semoga dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil, Salam.