Cara Cek Chipset/Processor pada Android Dengan Mudah

Cek Chipset Smartphone - Pada Smartphone terdapat banyak komponen-komponen penting yang memiliki fungsi masing-masing dalam operasinya, seperti memory (RAM & ROM), Graphic Processing Unig (GPU) dan Processor. Pada kesempatan kali ini Elektro Update ingin berbagi tutorial Cara Mudah Mengetahui Chipset Smartphone Android dengan Akurat.

Dengan mengetahui sistem perangkat keras pada smartphone kesayangan Anda, tentu Anda dapat membedakan antara chipset Qualcomm, Mediatek, Samsung Eyxnos, HiSilicon Kirin (Huawei), Unisoc, Nvidia Tegra dan masih banyak type chipset lainnya.

Processor Smartphone

Cara Cek Chipset/Processor Pada Smartphone Android

Berikut ini saya sajikan beberapa tutorial Cara Cek Chipset/Processor pada Smartphone Android, yang bisa anda lakukan secara manual dan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Langkah-langkah Cek Chipset/Processor Secara Manual

Cek via Menu Pengaturan (Setting)

  • Buka menu Pengaturan (Setting).
  • Pilih Pengaturan lainnya.
  • Pilih Tentang ponsel (About phone)
  • Pilih pada bagian Informasi (Device information)
  • Nanti akan muncul Informasi tentang Smartphone anda seperti tipe Smartphone, RAM, ROM, Processor, dan lain-lain.

Tentu tidak semua type Smartphone dapat melakukan hal tersebut diatas, Anda masih bisa menggunakan cara lain seperti dibawah ini.

Cek via Website Resmi Smarphone

Cara yang satu ini terbilang cukup mudah dan simple, karena kita dapat mengetahui spesifikasi smarphone kita secara lengkap dan detail hanya dengan mengunjungi situs resmi smartphone kita.

Caranya yaitu dengan mengunjungi website resmi, kemudian cari type Smartphone sesuai dengan yang ingin kita ketahui spesifikasinya. Bukan hanya Chipset/Processor saja yang di suguhkan, namun disini Anda akan mendapatkan Informasi tentang Smartphone Anda secara Lengkap dan detail.

Cek Chipset/Processor Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cek Menggunakan Aplikasi CPU-Z

  • Unduh Aplikasi CPU-Z pada playstore, atau bisa juga disini.
  • Setelah ter-Unduh dan terinstal, jalankan aplikasi CPU-Z.
  • Pada kolom SOC Anda akan disuguhkan informasi tentang Processor, CPU dan GPU.

Selain itu, Anda juga dapat mengecek informasi lain seperti, Device, System, Battery, Thermal, Sensor dan About.

Cek Menggunakan Aplikasi Device Info HW

  • Unduh Aplikasi Device Info HW pada playstore, atau bisa juga disini.
  • Setelah ter-Unduh dan terinstal, jalankan aplikasi Device Info HW.
  • Cek pada kolom SOC untuk mengetahui Info tentang Processor, CPU dan GPU

Hampir sama dengan aplikasi CPU-Z, Anda juga dapat mengecek informasi lainnya seperti, Device, System, Battery, Thermal, Sensor dan About.

Sebenarnya ada banyak aplikasi serupa yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui informasi tentang Smartphone kesayangan Anda, tergantung pada Anda ingin menggunakan aplikasi yang mana menurut Anda lebih simple dan mudah di gunakan.

Demikian ulasan singkat tentang Cara Cek Chipset/Processor pada Android Dengan Mudah, semoga dapat bermanfaat dan kurang lebihnya mohon maaf. Salam.