Membuat Alat Desulfator untuk Memperbaiki Aki SOAK

Desulfator Aki SOAK - Aki yang sudah digunakan dalam jangka waktu lebih dari 2 tahun, biasanya akan mengalamin penurunan performa, seperti aki melemah (tidak kuat mengangkat beban starter) bahkan bisa sampai mati. Hal ini dapat terjadi dikarenakan pada aki tersebut mengalami proses Sulfatisasi, hal ini yang menjadi faktor utama dari peningkatan internal resistance.Yang dimaksud dengan proses sulfatisasi adalah menumpuknya timbal sulfat (Lead sulfates) pada cell-cell didalam aki, jika kita perhatikan bentuk dan warna dari timbal sulfat ini seperti serbuk berwarna putih. Jika penumpukan ini tidak segera diatasi, maka akan berdampak pada menurunnya performa pada aki tersebut.

Pada umumnya banyak sekali yang mengatasi permasalahan diatas dengan cara, membongkar aki dan kemudian membersihkan cell cell aki secara manual. Dan ada juga yang mencuci cell cell plat aki dengan menggunakan soda api dan atau cairan kimia lainnya.

Membuat Alat Desulfator Untuk Memperbaiki Aki SOAK

Dengan menggunakan Alat Desulfator ini, Anda dapat dengan mudah mengurai kristal senyawa timbal sulfat yang menempel pada elektroda (cell aki) dan yang menjadi penyebab utama berkurangnya kapasitas penyimpanan, dan mengembalikan kapasitas penyimpanan dengan proses desulfatisasi.

Sebenarnya sudah banyak sekali model Desulfator ini yang dijual di pasaran, namun jika Anda ingin membuatnya sendiri dan ingin berkarya, maka bisa simak artikel ini hingga selesai. Dengan membuat alat ini sendiri maka akan ada kepuasan tersendiri.

Skema Rangkaian Desulfator sederhana

Berikut adalah sekema rangkaian desulfator sederhana, hanya dengan 2 buah atau 3 buah komponen saja Anda sudah dapat membuat alat ini.

Membuat Alat Desulfator untuk Memperbaiki Aki SOAK
Rangkaian Desulfator Sederhana

Bahan-bahan yang diperlukan:

1. Kapasitor Milar 105J 400V.
2. Dioda 1N4007/Dioda Bridge.
3. Resistor 470K

Cara kerjanya adalah Arus tegangan 220V AC atau arus tegangan langsung dari PLN, masuk melewati Kapasitor yang disusun secara paralel kemudian disearahkan oleh dioda agar menghasilkan Arus tegangan DC. Nah, arus tegangan yang telah disearahkan oleh Dioda ini langsung di hubungkan ke kutub Positif dan Negatif aki, jangan sampai terbalik ya. Semakin banyak kapasitor yang disusun secara paralel, maka akan semakin cepat pula pengisian daya pada aki tersebut.

Jangan menyentuh bagian rangkaian desulfator ini, karena dapat membuat anda terkejut jika menyentuhnya. Anda akan tersengat/ tersetrum jika menyentuh rangkaian aktif desulfator ini.



Demikianlah rangkaian desulfator dan sedikit penjelasan tentang cara Membuat Alat Desulfator untuk Memperbaiki Aki SOAK, kurang lebihnya mohon maaf. Silahkan dipraktekan, selamat mencoba dan semoga berhasil. Salam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Alat Desulfator untuk Memperbaiki Aki SOAK"

Post a Comment