Rangkaian Penguat Arus Power Supply 10A, 15A, 20A, 30A

High Current Voltage - Pada artikel sebelumnya Saya sudah membuat artikel tentang Rangkaian Power Supply 12V Stabil dengan Regulator, dan pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang cara memperkuat arus outputnya. Karena pada dasarnya jika kita menggunakan regulator, maka arus outpunya hanya sebatas 1 Amphere saja. Maka dari itu perlu ditambahkan sebuah atau beberapa buat komponen untuk memperkuat arus outputnya.

Ada banyak sekali power supply yang di jual di pasaran dengan berbagai ukuran. Namun jika Anda membuatnya sendiri, mungkin ini akan menjadi nilai tambahan dan kepuasan tersendiri. Berikut adalah rangkaian power supply stabil 12 volt dengan beberapa transistor sebagai penguat arus, transistor disusun secara parallel dan dapat disesuaikan keluaran arus yang dibutuhkan.

Rangkaian Penguat Arus Power Supply

Rangkaian sederhananya dapat dilihat dan di praktekan seperti pada rangkaian dibawah ini, untuk menambahkan kekuatan arusnya, bisa simak artikel ini hingga selesai ya.

Rangkaian Penguat Arus Power Supply 10A, 15A, 20A, 30A
Power Supply dengan trafo CT

Rangkaian Penguat Arus Power Supply 10A, 15A, 20A, 30A
Power Supply dengan trafo non CT

Rangkaian Penguat Arus Power Supply 10A, 15A, 20A, 30A
Pinpoint kaki TIP 3055


Komponen:
1. Tranformator (Trafo).
2. Dioda (Bridge dioda) sesuai kebutuhan.
3. Capasitor (Elco) 4700uf/25V
4. Capasitor (Elco) 100uf/25V
5. Capasitor 1uf
6. Transistor model TIP 3055 atau 2N3055 (Jengkolan)

Baca juga:

Rangkaian Power Supply Tanpa Trafo Sederhana

Pada gambar rangkaian diatas, tegangan dari PLN masuk ke Transformator (step down) dan diturunkan tegangannya dari 220V AC ke 12V AC dan disearahkan oleh Dioda menjadi arus tegangan DC. Pada step ini biasanya arus tegangan yang keluar tidak stabil antara 12VDC ~ 14VDC, agar tegangan yang keluar lebih stabil dan tidak naik turun tegangannya, maka di perlukan sebuah komponen regulator. Hanya saja jika kita menggunakan regulator ini, walaupun kita menggunakan Trafo dengan kapasitas 30A, jika melewati sebuah regulator, maka arus outputnya akan menjadi 1A. Maka dari itu di perlukan tambahan Transistor penguat arus.

Cara Kerja Transistor 3055

Cara kerja transistor penguat ini adalah Vin masuk regulator, dan output regulator masuk ke basis transistor dan keluar pada Emitor. Arus di perkuat oleh Vin yang masuk ke Collector melalui Resistor 0.1R 5 Watt. Agar lebih jelas bisa perhatikan gambar dibawah ini.

Rangkaian Penguat Arus Power Supply 10A, 15A, 20A, 30A

Ada banyak type transistor yang dapat digunakan untuk memperkuat arus, tapi disini kita akan membahas tentang transistor dengan seri 3055. Anda bisa menyesuaikannya saja, ingin menggunakan model TIP atau jengkol ya. Setiap 1 Transistor dapat mewakili 5A, dan berlaku kelipatannya jika di susun secara paralel. Perhatikan gambar dibawah ini

Setiap transistor dapat mewakili Maksimal 5A, jadi jika Anda membutuhkan lebih dari 5A diperlukan lebih dari 1 buah transistor. Seperti pada contoh diatas, sudah sangat jelas dan semoga juga mudah dipahami. Jika 1 buah transistor dapat mewakili 5A, maka jika kita membutuhkan 15A, kita dapat menggunakan 3 buah transistor yang disusun secara paralel.

Dan perlu diperhatikan juga, pada resistor 0.1R 5Watt. Ressistor ini berfungsi sebagai pengatur arus yang akan masuk ke transistor, agar arus yang mengalir bisa sama rata.

Mungkin ini saja sedikit artikel tentang pembahasan Rangkaian Penguat Arus Power Supply 10A, 15A, 20A, 30A Semoga dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan selamat beraktifitas. Salam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rangkaian Penguat Arus Power Supply 10A, 15A, 20A, 30A"

Post a Comment