Rangkaian Power Supply 12V Stabil dengan Regulator

Rangkaian Power Supply 12V - Setelah sebelumnya membahas tentang Rangkaian Power Supply DC Sederhana dan Prinsip Kerjanya, pada kesempatan kali ini Elektro Update ingin berbagi Skema Rangkaian Power Supply 12 V Stabil dengan Regulator. Maksud dari stabil disini adalah tegangan tetap yang tidak berubah-ubah voltase, dan sangat cocok untuk diaplikasi dengan dengan Modul MP3 Player, Bluetooth audio dan atau aksesoris lainnya yang membutuhkan supply 12V DC.

Rangkaian Power Supply 12V dengan menggunakan IC Regulator seri 7812, selain mendapatkan hasil tegangan tetap, juga dapat menghasilkan tegangan yang bersih. Karena fungsi dari regulator itu sendiri selain berfungsi sebagai penyetabil tegangan, juga dapat memfilter tegangan agar mendapatkan hasil yang bersih.

Rangkaian Power Suplly 12V Stabil dengan Regulator

Power Supply 12V sangat banyak sekali digunakan pada perangkat elektronika, terutama yang membutuhkan supply tegangan 12V. Seperti contoh Modul MP3 Player, agar dapat digunakan dan diaplikasi kan dengan Power Amplifier membutuhkan supply daya 12V yang stabil dan bersih agar menghasilkan suara yang bersih dan tidak mendengung juga tentunya.

Komponen yang dibutuhkan:

  1. Transformator (Trafo)
  2. Dioda
  3. Kapasitor Elektrolit (Elco)
  4. Kapasitor Keramik

Power Supply 12V dengan Trafo non CT

Berikut ini adalah rangkaian Power Supply 12V menggunakan Trafo engkel atau Trafo non CT, dengan menggunakan IC Regulator 7812.

Rangkaian Power Supply 12V Stabil dengan Regulator

Perhatikan gambar rangkaian diatas, sekilas memang seperti rangkaian power supply 12v pada umumnya, hanya saja pada rangkaian diatas ditambahkan penstabil tegangan ic 7812. Perlu diperhatikan juga pada bagian input tegangan, gunakan voltase diatas tegangan yang di butuhkan. Misanya kita membutuhkan tegangan 12V kemudian di stabilkan dengan ic 7812, maka beri input tegangan 15V atau tegangan diatasnya lagi dengan maksimal tegangan 24V untuk input.

Power Supply 12V dengan Trafo CT

Berikut ini adalah Rangkaian Power Supply 12V menggunakan Trafo CT dengan tambahan IC 7812 sebagai penstabil tegangan,

Rangkaian Power Supply 12V Stabil dengan Regulator

Hampir sama dengan Rangkaian yang menggunakan trafo non ct, hanya saja sedikit berbeda merangkaianya pada bagian penyearahnya (Dioda). Dan perlu di perhatikan lagi pada bagian input voltase nya untuk menggunakan minimal 15V dan maksimal 24V, jangan memberi voltase diatas voltase yang sudah di tentukan, karna dapat mengakibatkan IC 7812 rusak.

Note: Perlu diperhatikan pada Rangkaian Power Supply diatas, hanya diperuntukan untuk perangkat elektronika dengan tegangan 12V dan maksimal daya yg dibutuhkan kurang dari 1A. Karena setelah melewati IC 7812, tegangan yang dihasilkan 12V dan daya maksimalnya hanya 1A.

Demikian contoh Rangkaian Power Supply 12V Stabil dengan Regulator, semoga dapat bermanfaat dan mudah dipahami bagi yang masih baru dalam dunia elektronika dan ingin mencoba membuatnya sendiri. Terimakasih dan selamat mencoba.