Cara Root dan Instal Twrp Xiaomi Redmi 4X Santoni Miui 9 Work 100%

Root dan Instal Twrp Xiaomi Redmi 4X - Assalamu'alaikum, Berjumpa lagi dengan Elektro Update disini. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tutorial tentang cara Pasang/Instal TWRP dan Kemudian melakukan Root pada Xiaomi Redmi 4X dengan Kode Name "Santoni".

Syarat utama sebelum melakukan Instal TWRP dan Root pada Xiaomi Redmi 4X Santoni adalah Handphone harus sudah ter-Unlock Bootloader nya (UBL), jika belum UBL maka anda harus meng-Unlocknya terlebih dahulu. Jika handphone belum ter-Unlock maka jangan lanjutkan tutorial ini, sebaiknya anda lakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu.

Untuk mengetahui apakah handphone sudah Unlock Bootloader (UBL) atau belum, silahkan cek di Opsi Pengembang. Jika opsi pengembang belum aktif, silahkan aktifkan dengan cara masuk ke pengaturang -> About Phone -> klik sebanyak 7x (hingga muncul notif "anda seorang pengembang") pada Versi MIUI. Kemudian kembali lagi ke Pengaturan -> Pengaturan Tambahan -> Opsi Pengembang -> Status MI Unlock, disitu anda akan mengetahui apakah handphone sudah ter-Unlock atau belum.

Cara Root dan Instal Twrp Xiaomi Redmi 4X 

Tutorial Instal TWRP dan Root ini terbilang sangat mudah, namun tetap harus menggunakan Komputer/Laptop untuk mendukungnya. Siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya:

  1. Download ADB & Fastboot Driver
  2. Download Minimal ADB Fastboot
  3. Download Super User (SuperSU) Gunakan versi terbaru
  4. Download TWRP Redmi 4X

Langkah-langkah Instal TWRP Xiaomi Redmi 4X

1. Download dan ekstrak semua file yang sudah di sediakan diatas kecuali Super User (SuperSu), Intsal ADB dan Fastboot Driver.

2. Pindahkan SuperSu.zip ke Memory Internal (memory handphone).

3. Instal Minimal ADB Fastboot, kemudian pindahkan TWRP Redmi 4x ke folder Minimal ADB and Fastboot hasil installasi.
Windows 32bit Local Disk (C:) ->> Program File ->> Minimal ADB and Fastboot
Windows 64bit Local Disk (C:) ->> Program File (x86) ->> Minimal ADB and Fastboot

Root dan Instal Twrp Xiaomi Redmi 4X Santoni Miui 9

4. Siapkan Handphone Xiaomi Redmi 4X yang akan di eksekusi, Buka/Aktifkan kunti OEM terlebih dahulu pada Pengaturan -> Pengaturan Tambahan -> Opsi Pengembang -> Buka Kunci OEM. Setelah itu matikan Handphone, tunggu hingga handphone benar-benar mati. Kemudian masuk ke fastboot Mode dengan cara Tekan dan Tahan Tombol Volume Bawah dan Tombol On/Off secara bersamaan hingga handphone masuk ke Fastboot Mode.

5. Jalankan aplikasi Minimal ADB Fastboot, kemudian ceek apakah Device sudah terkoneksi dengan Komputer/Laptop atau belum dengan mengetik perintah fastboot devices kemudian Enter. Lihat gambar dibawah!! Jika muncul keterangan seperti pada gambar dibawah ini, berarti device sudah terbaca dengan baik oleh Laptop/PC.

Root dan Instal Twrp Xiaomi Redmi 4X Santoni Miui 9

6. Masukan kembali perintah fastboot flash twrp_redmi_4x.img kemudian Enter dan tunggu hingga proses flash selesai.

Perhatian!! perintah twrp_redmi_4x.img adalah nama file TWRP yang sudah di download diatas, nama file harus sama ya, ekstensi .img jangan sampai terlewatkan. Lihat gambar dibawah!!

Root dan Instal Twrp Xiaomi Redmi 4X Santoni Miui 9

7. Proses flash TWRP sudah selesai, sekarang ketikan lagi perintah fastboot boot twrp_redmi_4x.img, ini adalah perintah agar handphone otomatis masuk ke menu TWRP, tunggu dan perhatikan handphone hingga masuk ke TWRP.

Root dan Instal Twrp Xiaomi Redmi 4X Santoni Miui 9

8. Tampilan pada menu TWRP berbahasa Cina, Centang pada bagian yang sudah saya beri kotak Merah, kemudian pilih juga tulisan bahasa cina yang sudah saya beri kotak Merah pada gambar dibawah, kemudian pilih bahasa Inggris dan OK,. Selanjutnya geser kekanan tanda panah dibawahnya.

Root dan Instal Twrp Xiaomi Redmi 4X Santoni Miui 9

9. Pada tampilan Menu TWRP, kita Restart dulu henphone nya dengan pilih Restart >> System >> Do not disable. Lihat pada gambar dibawah ini, ini kita lakukan agar mengurangi resiko Handphone mengalami Bootloop.

Root dan Instal Twrp Xiaomi Redmi 4X Santoni Miui 9

10. Jika Handphone sudah menyala normal, kemudian matikan kembali Handphone tersebut dan masuk ke TWRP kembali dengan cara, Tekan dan Tahan Tombol Volume Atas + Tombol Power secara bersamaan hingga muncul Logo MI. Lepaskan Tombol Power dengan Tombol Volume Atas masih tetap ditekan. Tunggu hingga muncul Tampilan seperti pada gambar dibawah ini, kemudian pilih Recovery.

Root dan Instal Twrp Xiaomi Redmi 4X Santoni Miui 9

Setelah itu akan muncul pilihan dengan Warna Hijau dan Warna Biru, kita pilih yang Warna Biru untuk loading ke menu TWRP. Handphone akan Restart dengan sendirinya dan masuk ke TWRP.

Langkah-langkah Root Xiaomi Redmi 4X

1. Setelah masuk ke TWRP, akan muncul beberapa menu. Kita pilih menu Install yang berada di pojok kiri atas. Kemudian cari file SuperSU.zip yang sudah kita letakan pada memory internal handphone. Kita pilih File SuperSU.zip kemudian kita Swip (geser) kekanan dan tunggu hingga proses Installasi selesai.

2. Setelah proses Installasi selesai, sekarang pilih Reboot System dan akan ada peringatan Disable stock recovery replace now? kita pilih lagi Do not disable.

Selamat Handphone Xiaomi Redmi 4X Anda sudah berhasil di Root dan sudah ter-Install TWRP, semoga dapat bermanfaat. Salam