Cara Flash Realme 6 RMX2001 Via Flash Tool

Hallo sobat Elektro Update, Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tutorial tentang Cara Flash Realme 6 RMX2001 Via Flash Tool. Bagi sobat yang mengalami masalah pada Realme 6 seperti Bootloop (hang logo), Boot error, hardbrick bisa mengikuti tutorial ini hingga selesai.

Flash Realme 6 RMX2001

Atau mungkin jika Handphone Realme 6 sobat hanya mengalami sering hang pada saat digunakan, Lemot, sering blank dan ingin meng-update dengan cara flash, bisa ikuti tutorial ini hingga selesai. Caranya sangat mudah dipahami dan di jalankan jika sobat benar-benar mengikuti tutorial ini dari awal hingga selesai.

Sebenarnya ada solusi lain selain melakukan Flash Firmware atau Update firmware, yaitu dengan cara melakukan Wipe data/Factory reset (Kembali kepengaturan pabrik). Langkah ini mungkin bisa diterapkan terlebih dahulu sebelum melangkah ke proses flashing, dan biasanya proses ini juga mampu untuk mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat lunak (Software).

Perlu di ingat bahwa melakukan proses diatas, akan menghapus seluruh data yang tersimpan pada memori internal ponsel. Maka dari itu lakukan Backup data (pencadangan data), sebelum melakukan Wipe data/Factory reset.

Berbeda jika handphone mengalami bootloop atau lupa kunci layar seperti pola atau kata sandi, data yang tersimpan pada memori internal ponsel tidak dapat diselamatkan. Karena kondisi handphone yang tidak dapat masuk ke menu, dan hanya stuck di logo saja.

Jika setelah dilakukan Wipe data/Factory reset (Kembali kepengaturan pabrik), hasilnya masih sama, coba lakukan Update sistem operasi, Anda dapat melakukan hal tersebut langsung via menu pengaturan pada ponsel Realme 6 sobat.

Namun jika pada menu pengaturan tidak terdapat info Update terbaru, maka sobat bisa mengikuti tutorial ini hingga selesai. Karena sudah tidak ada pilihan lain yang dapat dilakukan, selain melakukan flashing pada ponsel tersebut.

Sebelumnya saya juga sudah pernah membuat tutorial tentang Cara Flash Realme 5i via Flash Tool, monggo silahkan dibaca juga artikel tersebut.

Flash Realme 6 RMX2001 via Flash Tool

Cara Flash Realme 6 RMX2001 Via Flash Tool ini terbilang cukup mudah, namun tetap memiliki resiko, Sebelum membuat artikel ini, tentu saya sudah mempraktekannya terlebih dahulu dan hasilnya 100% berhasil. Tak usah lama-lama, langsung saja kita siapkan keperluan yang diperlukan untuk proses Flashing ini.

Sebelum lanjut ke langkah flash firmware, perlu dipaerhatikan bahwa, pada proses flashing ini akan menghapus seluruh data yang tersimpan pada memori internal ponsel. Maka dari itu, kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan Backup data atau mencadangkan data sebelum melakukan proses ini.

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang di perlukan. Semua bahan sudah disediakan dibawah ini, hanya kopi saja yang Anda perlu buat sendiri, hehe..

Bahan-bahan yang di perlukan: 

3. Download Realme Flash Tool

Langkah-langkah Flash Firmware Realme 6 RMX2001

1. Download dan install ADB Dan Fastboot Driver atau MTK USB Driver All Version diatas pada Laptop/PC windows Anda dan pastikan sudah terinstal dengan benar.

2. Siapkan atau Download Stock Firmware ROM sesuai versi yang diinginkan dan yang akan digunakan untuk flashing, dan kemudian ekstrak file tersebut.

3. Download dan ekstrak file Realme Flash Tool pada Laptop/PC Anda.

4. Jalankan ekstensi Realme Flash.exe dengan cara klik kanan “Run as administrator

5. Setelah Realme Flash.exe dapat terbuka, maka akan muncul tampilan layar seperti pada gambar dibawah ini.

Flash Realme 6 RMX2001

6. Langkah selanjutnya adalah klik pada tombol Telusur/Browser (Pencarian).

7. Kemudian cari file Firmware yang sudah di siapkan sebelumnya, dan cari file ekstensi .ofp.

8. Kita lanjut ke ponsel yang bermasalah.

9. Jika ponsel dalam keadaan hidup, matikan ponsel (Power off) dan Pastikan ponsel dalam keadaan mati. Tekan dan Tahan Tombol Power (On/Off) dan Volume bawah secara bersamaan.

10. Kemudian hubungkan ponsel ke Laptop/PC dengan menggunakan kabel USB.

11. Pada tampilan Laptop/PC, klik menu “Loading”, dan tunggu hingga ponsel terdeteksi. Jika Handphone tidak terdeteksi, coba lakukan install ulang driver USB dan pastikan hingga ponsel terdeteksi dengan benar pada Komputer/Laptop.

12. Jika Handphone sudah terdeteksi, langkah selanjutnya adalah klik tombol “Flash”.

13. Dan selanjutnya klik tombol “Konfirmasi” untuk melanjutkan dan memulai proses flashing.

14. Proses flashing selesai dan sukses akan ditandai dengan keterangan “Flashing Completed” pada Realme Flash Tool.

15. Selamat, proses flashing berjalan dengan lancar tanpa kendala, Anda sudah dapat melepaskan kabel USB dan dapat memulai menyalakan ponsel seperti biasa.

Demikian tutorial tentang Cara Flash Realme 6 RMX2001 Via Flash Tool, kurang lebihnya mohon maaf, semoga dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil, Salam!!!