Cara Flash Realme C3 RMX2020 via SP FlashTool 100% Work

Flash Realme C3 RMX2020 – Hallo sobat Elektro Update, apa kabarnya? Semoga selalu dalam LindunganNYA, Amiin. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tutorial tentang Cara Flash Realme C3 RMX2020 Via SP Flashtool 100% Work. Bagi sobat yang mengalami masalah pada Realme C3 seperti Bootloop (hang logo), Boot error, hardbrick bisa mengikuti tutorial ini hingga selesai.

Cara Flash Realme C3 RMX2020 via SP FlashTool 100% Work

Atau mungkin jika Handphone Realme C3 sobat hanya mengalami sering hang pada saat digunakan, Lemot, sering blank dan ingin meng-update dengan cara flash, bisa ikuti tutorial ini hingga selesai. Caranya sangat mudah dipahami dan di jalankan jika sobat benar-benar mengikuti tutorial ini dari awal hingga selesai.

Sebelumnya saya juga sudah pernah membuat artikel tentang cara mengatasi lupa Pola, PIN, Password, Sandi kunci layar Realme C2. Silahkan kunjungi halaman terbesut untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Flash Realme C3 RMX2020 Via SP Flashtool ini terbilang cukup mudah, namun tetap memiliki resiko, Sebelum membuat artikel ini, tentu saya sudah mempraktekannya terlebih dahulu dan hasilnya 100% berhasil. Tak usah lama-lama, langsung saja kita siapkan keperluan yang diperlukan untuk proses Flashing ini.

Cara Flash Realme C3 RMX2020 via SP FlashTool

Sebelum kita mulai, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan dibawah ini, jika di perlukan siapkan kopi juga untuk menunggu waktu Download.

Bahan-bahan yang di perlukan:

  1. Download firmware Realme C3 RMX2020_11_A.61
  2. Download Driver Universal QcomMTK Driver Setup V3.0.3
  3. Download SP Flash Tool Mediatek (MTK) Update 2024 (Pilih versi terbarunya)
  4. Download Libusb-win32
  5. Download file Auth_Bypass_Tool_v6+libUSB

Langkah-langkah Flash Realme C3 RMX2020

1. Download semua bahan yang sudah disediakan diatas, kemudian jadikan dalam satu folder. Terserah sobat ingin memberi nama folder apa.

2. Ekstrak semua file yang sudah di download dan dijadikan satu folder tadi.

3. Jalankan SP Flashtool dengan cara klik kanan “Run as administrator”, dan tunggu hingga Sp Flashtool terbuka.

4. Klik tombol Choose pada Download-Agent lalu arahkan ke file MTK_AllInOne_DA.bin yang berada didalam folder SP FlashTool hasil extract tadi lalu klik Open.

5. Klik tombol Choose pada Scatter-loading file lalu arahkan ke firmware Realme C3 hasil extract tadi (MT6768_Android_scatter.txt) lalu klik Open dan tunggu hingga proses load firmware selesai.

6. Hilangkan centang pada bagian opporeserver2, cdt_engineering, special_preload, my_custom dan sisa nya biarkan saja default (jangan di ubah-ubah lagi).

7. Buka dan install LibUSB yang sudah di download tadi, dengan cara klik kanan lalu pilih “Run as administrator” dan ikuti instruksi install hingga selesai > centang pada bagian Install a device filter lalu next hingga selesai.

8. Kembali ke Handphone dan pastikan daya ponsel terisi cukup (minimal 50% isi daya baterai).

9. Posisi ponsel Realme C3 mati, tekan dan tahan tombol volume up + volume down, kemudian hubungkan ponsel ke PC/laptop menggunakan kabel USB.

10. Maka akan muncul drivers MediaTek / Preloader / Single Port pada LibUsb, lalu dengan cepat sobat klik drivers yang muncul lalu klik tombol install, kemudian tunggu hingga proses install drivers filter libUSB selesai.

11. Jika drivers MediaTek sudah berhasil terinstall oleh filter LibUSB, lepas lagi kabel USB dari ponsel Relame C3 nya, selanjutnya jalankan mtksecbypass.exe yang berada didalam folder MTK_Auth_Bypass_Tool_V6 dengan cara klik kanan > lalu pilih “Run as administrator” dan tunggu sampai terbuka.

12. Lalu klik tombol Disable Auth sampai muncul tulisan waiting for brom...

13. Dan disini sobat dapat mengulangi dari point no 9 diatas, dan jika sudah terhubung dengan drivers terinstall, maka proses bypass auth nya akan berjalan secara otomatis (Automatic

14. Jika proses bypass Auth Realme C3 sudah berhasil, maka akan muncul tulisan "MTK surce boot bypass success" pada MTK Auth bypass tool.

15. Kembali ke SP FlashTool yang sudah kita setting sebelum nya tadi, jika semua sudah berjalan semestinya, lanjut klik tab Option > lalu ke menu Connection dan centang pada bagian UART dan pada bagian Com port pilih sesuai Com yang muncul di device manager, lalu pada Baud rate pilih yang paling atas.

16. Selanjutnya klik tombol close pada tab Options nya, dan klik tombol Download pada SP FlashTool untuk memulai proses flash Realme C3 dan tunggu hingga proses flash selesai 100% tanpa error.

17. Jika proses flashing berjalan lancar, maka aakan muncul notif "Download OK".

Selamat, handphone sobat sudah kembali normal dan dapat digunakan kembali seperti biasanya. Demikian saja tutorial kali ini tentang Cara Flash Realme C3 RMX2020 via SP FlashTool 100% Work, semoga dapat bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.