Hard Reset Xiaomi Redmi 6, 6A, 6 Pro Dengan Mudah

Hard Reset Xiaomi Redmi 6, 6A, 6 Pro - Hallo sobat berjumpa lagi dengan Elektro Update, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tutorial tentang Cara Hard Reset. Yaitu mengembalikan posisi pengaturan handphone ke setelan pabrik, yang artinya kondisi handphone nantinya akan kembali bersih seperti awal beli. Dan tentunya tutorial ini dibuat juga dengan sangat simpel dan mudah dipahami. Simak artikelnya hingga selesai dan ikuti tutorialnya step by step ya, agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan eksekusinya.

Xiaomi Redmi 6 yang akan kita bahas ini menggunakan Chipset Mediatek MT6762 Helio P22 octa-core Cortex-A53, Layar 5.45 inches dengan resolusi 1440 x 720 (18:9) dengan OS Android OREO 8.1.

Hard Reset Xiaomi Redmi 6, 6A, 6 Pro Dengan Mudah

Hard Reset ini dilakukan biasanya karena beberapa faktor, dan sebenarnya ada banyak faktor juga yang mewajibkan user atau pengguna harus melakukan Hard Reset pada Smartphone kesayangannya tersebut. Seperti sering terjadinya Error pada aplikasi pengguna, Handphone sering Hang tanpa sebab, banyak aplikasi yang tidak dapat di gunakan (berjalan), Hanpdhone terindikasi terserang virus dan semacamnya.

Namun demikian ada juga faktor yang mewajibkan User untuk melakukan Hard Reset, seperti Lupa pola dan atau lupa Akun Google yang mengakibatkan Handphone terkunci dan tidak dapat digunakan jika kita tidak mengetahui kunci pola atau akun google tersebut. Disini kita akan kupas tuntas Cara Hard Reset Xiaomi Redmi 6, 6A, 6 Pro Dengan Mudah, Simak artikel dibawah ini.

Hard Reset Xiaomi Redmi 6, 6A, 6 Pro

Hard Reset atau Factory Reset adalah prosses mengembalikan settingan ke semula, prosses ini mengembalikan settingan atau pengaturan ke bawaan pabrik. Semua data yang tersimpan pada memory internal Handphone akan hilang, dan handphone seakan seperti awal mula dimiliki (beli).

Ada 2 cara untuk melakukan Hard Reset ini, yaitu melalui menu Setting (Pengaturan) dan melalui Menu Recovery Mode.

Hard Reset Via Menu Setting (Pengaturan)

Berikut adalah step by step melakukan Hard reset (Factory reset) via menu setting (pengaturan):
1. Buka Menu Setting (Pengaturan).
2. Pilih Setelan Tambahan (Pengaturan lainnya).
3. Pilih Cadangkan & Setel Ulang (Buat cadangan & Atur ulang).
4. Pilih Kembali ke pengaturan pabrik (Hapus semua data).
5. Setel ulang telepon, dan tunggu hingga prosses wipe data selesai.

Pada poin no.3 diatas, kita dapat melakukan pencadangan data (Backup data) sebelum melakukan Hard reset, hal ini bertujuan agar data yang tersimpan pada memory internal handphone tetap aman.

Hard Reset Via Menu Recovery Mode

Berikut ini adalah Cara Hard Reset via Recovery Mode, biasanya dilakukan jika Handphone mengalami gagal system (bootloop), Lupa Pola, Lupa Kata Sandi, Lupa PIN dan semacamnya.

  1. Pastikan kapasitas batterai terisi lebih dari 60% untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
  2. Matikan handphone, biarkan beberapa detik untuk memastikan handphone sudah benar-benar mati.
  3. Pada posisi Handphone mati, tekan dan tahan Tombol Volume Up + Tombol Power secara bersamaan hingga muncul Logo MI. Setelah muncul logo MI, lepaskan kedua tombol tersebut.
  4. Setelah berhasil masuk ke Menu Recovery, terdapat pilihan "Wipe Data", Scroll menggunakan Tombol Volume untuk memilih dan Tombol Power untuk konfirmasi (OK). Lihat gambar dibawah ini:
    Hard Reset Xiaomi Redmi 6, 6A, 6 Pro Dengan Mudah
  5. Setelah memilih "Wipe Data" maka selanjutnya kita akan di beri menu pilihan untuk konfirmasi, maka pilih "Confirm" untuk melanjutkan Hard reset/Factory reset.
    Hard Reset Xiaomi Redmi 6, 6A, 6 Pro Dengan Mudah
  6. Tunggu hingga prosses Wipe Data selesai.
  7. Hard Reset telah sukses dengan di tandai notif "Data wipes Successfully", lanjut pilih "Reboot" dan Selamat Handphone Smartphone Anda sudah berhasil di Hard Reset.
    Hard Reset Xiaomi Redmi 6, 6A, 6 Pro Dengan Mudah

Demikian Tutorial kali ini yang membahas tentang Cara Hard Reset Xiaomi Redmi 6, 6A, 6 Pro Dengan Mudah, Semoga dapat bermanfaat dan mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan artikel ini. Salam Tekhnini Indosenia.