Cara Menghitung Nilai Resistor Lengkap Dengan Penjelasannya

Menghitung Nilai Resistor - Resistor termasuk komponen penting dalam sirkuit Elektronika, tak heran jika kita sering menjumpai sebuah komponen yang memiliki gelang warna ini. Ya Resistor namanya, sebuah komponen yang berfungsi sebagai hambatan arus yang mengalir melaluinya. Pada dasarnya Resistor adalah komponen Elektronika Pasif yang memiliki nilai resistansi atau hambatan tertentu yang berfungsi untuk membatasi dan mengatur arus listrik dalam suatu rangkaian Elektronika. Resistor atau Hambatan dan atau Tahanan biasanya disingkat dengan Huruf “R”. Satuan Hambatan atau Resistansi Resistor adalah OHM (Ω). Sebutan “OHM” ini diambil dari nama penemunya yaitu Georg Simon Ohm yang juga merupakan seorang Fisikawan Jerman.

Cara Menghitung Nilai Resistor Lengkap Dengan Penjelasannya


Resistor digunakan sebagai bagian dari rangkaian elektronik dan sirkuit elektronik, dan merupakan salah satu komponen yang paling sering digunakan. Resistor dapat dibuat dari bermacam-macam komponen dan film, bahkan kawat resistansi (kawat yang dibuat dari paduan resistivitas tinggi seperti nikel- kromium).

Karakteristik utama dari resistor adalah resistansinya dan daya listrik yang dapat dihantarkan. Karakteristik lain termasuk koefisien suhu, derau listrik (noise), dan induktansi. Resistor dapat diintegrasikan kedalam sirkuit hibrida dan papan sirkuit cetak, bahkan sirkuit terpadu. Ukuran dan letak kaki bergantung pada desain sirkuit, kebutuhan daya resistor harus cukup dan disesuaikan dengan kebutuhan arus rangkaian agar tidak terbakar.

Baca juga: Hukum Ohm: Pengertian, Teori dan Rumus Ohm

Cara Menghitung Nilai Resistor kali ini akan kita bahas sedetail mungkin dan semoga dapat dengan mudah di mengerti dan dipahami. Ini hanyalah sedikit catatan dari admin Elektro Update untuk sekedar berbagi wawasan tentang daras-dasar Elektronika, seperti komponen Resistor yang akan kita bahas kali ini.

Cara Menghitung Nilai Resistor

Berdasarkan bentuknya dan proses pemasangannya pada Sirkuit Elektronika, Resistor terdiri dari 2 bentuk yaitu bentuk Komponen Axial/Radial dan Komponen Chip. Untuk bentuk Komponen Axial/Radial, nilai resistor diwakili oleh kode warna sehingga kita harus mengetahui cara membaca dan mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam warna tersebut sedangkan untuk komponen chip, nilainya diwakili oleh Kode tertentu sehingga lebih mudah dalam membacanya. Kita juga bisa mengetahui nilai suatu Resistor dengan cara menggunakan alat pengukur Ohm Meter atau MultiMeter. Satuan nilai Resistor adalah Ohm (Ω).

Cara Menghitung Nilai Resistor Berdasarkan Kode Warna

Seperti yang sudah di jelaskan diatas bahwa sahnya resistor yang berbentuk Axial/Radial memiliki gelang-gelang warna pada fisik komponen tersebut, dari situ kita dapat menilai atau menentukan ukuran nilai resistansi dari Resistor tersebut. Pada umumnya atau yang sering di jumpai, Resistor kebanyak memiliki 4 buah gelang warna. Namun demikian ada juga yang memiliki 5 buah gelang warna.

Untuk menentukan dari mana kita dapat memulai menghitung atau mengukur Resistansi sebuah Resistor adalah perhatikan warna Emas dan atau warna Perak, karena kedua warna tersebut biasanya berada pada posisi terakhir gelang.

Tabel Nilai Warna Resistor

Cara Menghitung Nilai Resistor Lengkap Dengan Penjelasannya

Berikut adalah Cara Menghitung Nilai Resistor berdasarkan warna gelang yang tertera pada body fisik komponen resistor.

Contoh 1:

Cara Menghitung Nilai Resistor Lengkap Dengan Penjelasannya

Perhatikan tabel warna diatas dan mulai menentukan nilai sekarang.

Gelang pertama berwarna Coklat nilainya adalah 1
Gelang kedua berwarna Biru nilainya adalah 6
Gelang ketiga berwarna Merah nilainya adalah x100
Gelang keempat berwarna Emas nilainya adalah ±5%

Jika disusun menjadi:
Coklat Biru Merah Emas = 16 x 100 ±5% = 1600 ±5% atau 1,6K ±5%

Contoh 2:

Cara Menghitung Nilai Resistor Lengkap Dengan Penjelasannya

Gelang pertama berwarna Coklat nilainya adalah 1
Gelang kedua berwarna Hitam nilainya adalah 0
Gelang ketiga berwarna Orange nilainya adalah x1000
Gelang keempat berwarna Perak nilainya adalah ±10%

Jika disusun menjadi:

Coklat Hitam Orange Perak = 10x1000 ±10% = 10000 ±10% atau 10K ±10%

Cara menghitung nilai resistor ini tidak seperti menghitung pada umumnya, yang mengharuskan ditambah, dikurang, dikali dan atau di bagi. Namun hanya menyusun sesuai gelang warna yang tertera saja.

Demikian cara menghitung nilai resistansi atau hambatan dari sebuah resistor Axial/Radial yang memiliki kode gelang warna sebagai nilai ukurnya.

Baca juga: Pengertian, Penjelasan dan Jenis-jenis Dioda Lengkap Dengan Gambar

                  Pengertian Transformator, Fungsi dan Cara Kerjanya

                  Pengertian Potensiometer, Fungsi dan Cara Kerjanya

                  Pengertian, Penjelasakn dan Jenis-jenis Kapasitor Lengkap

Cara Menghitung Nilai Resistor Berdasarkan Kode Angka

Resistor ini tidak memiliki warna seperti pada resistor yang telah kita bahas diatas, namun terdapat kode angka yang tertera pada body fisik komponen Resistor tersebut. Biasanya para tekhini menyebut komponen ini dengan sebutan Resistor Chip, karna bentuknya yang menyerupai dengan sebuah Chip.
Resistor Chip ini sangat mudah di ketahui nilai resistansi nya, karena kita tidak perlu pusing memikirnya warna dan menghitungnya, karena pada bentuk fisik komponen ini sudah tertera Angka yang bisa kita hitung dengan cepat nilai Hambatannya. Simak Cara Menghitung Nilai Resistor Berdasarkan Kode Angka dibawah ini:

Cara Menghitung Nilai Resistor Lengkap Dengan Penjelasannya

Contoh :
Kode Angka yang tertulis di badan Komponen Chip Resistor adalah 104, cara menghitungnya adalah:

Angka ke-1 = 1 (satuan)
Angka ke-2 = 0 (satuan)
Angka ke-3 = 4 (x10000)
Maka nilai dari Resistor ini adalah 100000 Ohm atau 100K Ohm

pada Angka ke-3 kita hanya menambahkan jummlah 0 sesuai angka yang tertera, seperti contoh diatas Angka ke-3 adalah 4. Jadi kita hanya menambahkan 4 angka di belakang atau bisa juga di x10000.

Selain itu juga ada komponen yang memiliki kode berbeda dari yang sudah di jelaskan diatas, seperti contoh pada gambar dibawah ini:

Cara Menghitung Nilai Resistor Lengkap Dengan Penjelasannya

Cara Menghitung Nilai Resistor Lengkap Dengan Penjelasannya


Demikianlah pembahasan tentang Cara Menghitung Nilai Resistor Lengkap Dengan Penjelasannya, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga dapat bermanfaat dan monggo jika inging meng-copy dan menyimpannya sebagai catatan pribadi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghitung Nilai Resistor Lengkap Dengan Penjelasannya"

Post a Comment