Mengatasi Redmi Note 5 Pro Black Screen (Layar Gelap)

Redmi Note 5 Pro Black Screen - Hallo sobat berjumpa kembali di blog Elektro Update, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tutorial tentang Cara Mengatasi Redmi Note 5 Pro Black Screen. Pada kasus kali user bilang kalai Handphone tercebur air, namun Handphone masih dapat menyala normal. Selang beberapa menit Handphone Mati total dan tidak dapat dihidupkan walaupun sudah di charge Handphone tidak ada tanda-tanda kehidupan.

Redmi Note 5 Pro Black Screen

Karena kasusnya adalah kecebur air, maka langkah awal yang saya lakukan adalah Bongkar Handphone tersebut dan kemudian pisahkan PCB dari casing Handphone, lalu lepas komponent yang bisa dilepas seperti Kamera dan semisalnya. Bersihkan PCB dengan menggunakan Tiner yang ber-merk (yang bagus), lebih bagus lagi jika memiliki mesin pencuci PCB, ini akan lebih memudahkan membersihkan PCB dari sisa air yang bersembunyi pada kaki-kaki IC yang dapat menyebabkan short (korsleting).

Mengatasi Redmi Note 5 Pro Black Screen

Pada cuplikan paragraf diatas adalah langkah awal yang perlu dilakukan jika mendapati Handphone yang tercebur air, yaitu dengan membuka bagian penutup batterai dan melepas connector batterai. Nah kemudian baru lah bersihkan bagian mesin dari sisa air dengan menggunakan Tiner.

Setelah Mesin PCB dibersihkan dengan menggunakan tiner, kemudian keringkan menggunakan blower (solder uap). Langkah selanjutnya lakukan pengecekan menggunakan AVO Meter atau Multimeter untuk mengetahui handphone masih dalam keadaan short atau tidak, dan kemudian lanjutkan pengecekan dengan menggunakan Power Supply untuk mengetahui apakah terdapat short kecil atau tidak. Jika dirasa sudah tidak ada yang short, maka coba nyalakan mesin Handphone menggunakan Power Supply, ini juga berfungsi untuk mengetahui apakah ada komponent yang short setelah di tekan on/off atau tidak.

Redmi Note 5 Pro Black Screen (Layar Gelap)

Kembali ke pembahasan artikel ini, setelah semua langkah awal menangani kasus handphone tercebur air sudah dilakukan dan setelah di koneksikan dengan LCD dan dinyalakan, ternyata Handphone mengalami Black Screen, alias Handphone menyala namun gelap saja pada tampilan layar LCD atau LCD tidak menampilkan gambar. Bongkar lagi Handphone dan lakukan pengukuran tegangan dan jalur LCD.

Redmi Note 5 Pro Black Screen

Perhatikan gambar diatas, Anda dapat melakukan pengukuran pada bagian komponen Capasitor dan Dioda yang sudah ditunjukan pada gambar diatas.

Cara pengukurannya:
1. Siapkan Volt Meter dan atur pada angka 20
2. Hubungkan Batterai ke mesin PCB 
3. Kabel Volt Meter yang berwarna Hitam letakan pada bagian Ground dan yang Merah letakan pada kaki komponent yang di tunjukan pada gambar diatas.
4. Pastikan setiap kaki komponen mengeluarkan tegangan antara 3-5V

Jika sudah di cek dan ternyata pada bagian tersebut mengeluarkan tegangan, berarti komponen tidak ada yang bermasalah. Lanjut cek jalur LCD nya.

Redmi Note 5 Pro Black Screen

Pada gambar diatas adalah jalur yang light Redmi Note 5 Pro yang pada umumnya memang seri terjadi putus jalur. Lakukan pengecekan pada konektor LCD No. 5 dari kiri (perhatikan gambar diatas) ke Capasitor atau dioda yang berada tepat disamping Capasitor yang di tunjuk pada gambar diatas. Dan jika memang benar jalur tersebut tidak terhubung, maka terjadi putus jalur dan perlu dilakukan Jumper atau menghubungkan jalur tersebut menggunakan kawat tembaga khusus.

Agar lebih jelasnya Anda juga bisa melihat video tutorialnya dibawah ini, agar lebih mudah memahaminya.
Demikian tutorial tentang Cara Mengatasi Redmi Note 5 Pro Black Screen (Layar Gelap), semoga dapat bermanfaat dan mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan dan mengenai tulisan saya yang mungkin sedikit sulit di pahami. Salam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Redmi Note 5 Pro Black Screen (Layar Gelap)"

Post a Comment