Pengertian Error Pada SP Flashtool Dan Cara Mengatasinya

Error Pada SP Flashtool Dan Cara Mengatasinya - Error yang terjadi pada saat melakukan flashing smartphone yang berbasis Mediatek (MTK) memang sering terjadi, hal ini sudah dianggap biasa oleh para master. Namun tidak demikian bagi pemula yang sedang belajar mengoprek handphone, dengan demikian mari kita sama-sama belajar memahami maksud dari pesan error yang muncul pada saat melakukan Flash menggunakan SP Flash Tool.

Pengertian Error Pada SP Flashtool Dan Cara Mengatasinya

Bagi sobat yang sering menemukan atau sering mengalami Error pada SP Flashtool saat melakukan Flashing, jangan berkecil hati apalagi menyerah dan terburu-buru membawa smartphone nya ke tukang service. Semua ada sebabnya dan pasti ada jalan keluarnya.

Pengertian Error Pada SP Flashtool

Yang umumnya menyebabkan Error pada saat Flashing adalah File Firmware yang tidak match atau tidak sesuai dengan type seri smartphone yang akan di eksekusi. Bisa juga dikarenakan sobat menggunakan SP Flashtool dengan versi yang rendah, dan harus menggunakan SP Flashtool dengan versi terbarunya. Atau bahkan bisa juga karena Driver USB yang belum terinstal dengan sempurna. Maka dari itu mari kita cari tahu penyebab Error pada SP Flashtool dengan pesan Errornya.

Macam-macam Error Pada SP Flashtool & Solusinya

1). (4032) S_FT_ENABLE_DRAM_FAILED

Kegagalan flashing yang disebabkan oleh file firmware yang tidak sesuai, coba periksa kembali file firmware nya. Jika sebelumnya sobat menggunaka Custom ROM, coba sobat gunakan yang Official, atau sebaliknya. Atau bisa juga dengan cara melakukan downgrade, atau menurunkan versi yang sebelumnya adalah versi android 6.0, turunkan menjadi versi 5.0.
Jika sobat sudah yakin 100% bahwa file firmware sudah sesuai, maka coba dengan melakukan "Format All + Download" kemudian lakukan flashing.

2). (1003) S_COM _PORT_OPEN_fAIL

Terjadi masalah pada port komputer yang digunakan, ganti kabel usb dan coba kembali. Saran saya, gunakan kabel usb yang bagus, atau kabel usb bawaan handphone.


3). (1011) S_NOT_ENOUGH_STORAGE_SPACE

Ruang yang disediakan untuk Firmware tidak mencukupi, Terjadi karena Ukuran dari bagian Firmware yang akan di Flash melebihi dari alokasi ruang yang ada pada partisi. Solusinya adalah dengan mengganti versi Flash Tool, error ini mungkin juga bisa terjadi pada versi-versi flash tool yang berbeda , Tetapi kebanyakan disebabkan oleh ROM yang salah / tidak tepat.


4). (1013) S_COM_PORT_OPEN_FAIL

Masalah : Hampir sama dengan error 1003Penyebab : Cek masalah pada error 1003Solusi : Cek solusi pada error 1003, dan jika tidak menyelesaikan masalah, cobalah mengganti ke Flash Tool v.5.1


5). (1022) S_UNSUPPORTED_VER_OF_DA

Download Agent (DA) tidak mendukung perangkat anda. Saya sarankan untuk menggunakan SP Flashtool dengan versi diatasnya atau dengan versi terbarunya.


6). (1040) S_UNSUPPORTED_OPERATION

Biasanya terjadi karena masalah file scatter yang salah (Anda tidak bisa menggunakan file scatter MT6577 untuk digunakan pada MT6575). Solusinya adalah Gunakan file scatter yang tepat untuk melakukan proses Flasing.


7). (2005) S_BROM_CMD_STARTCMD_FAIL

Kegagalan Flashing Preloader, ReadBack, Format atau Memory Test. Solusinya adalah Ketika akan mem-flash Preloader pastikan sobat menghubungkan ponsel pada META Mode (pencet dan tahan tombol volume bawah ketika menghubungkan ke komputer), Ketika akan melakukan ReadBack, Format atau Memori Test mungkin diperlukan untuk menghubungkan ponsel dalam mode BOOTROM.


8). (3001) S_DA_EXT_RAM_ERROR

Hampir sama dengan kasus pada point nomor 2 diatas. Terjadi masalah pada port komputer yang digunakan, ganti kabel usb dan coba kembali. Saran saya, gunakan kabel usb yang bagus, atau kabel usb bawaan handphone.


9). (3013) S_DS_SOC_CHECK_FAIL 

Kesalahan pada UBOOT atau Path pada folder yang bernama C://Users/Username/Desktop/Firmware Phone/MIUIV10/MIUIV10. Solusinya adalah Cek Driver handphone anda agar terinstal dengan tepat atau ganti nama folder tempat anda meletakkan Firmware.


10). (3036) S_DA_INVALID_RANGE 

terjadi masalah pada Flash Tool. Penyebabnya adalah Sebelum Flashing PMT Unit, flashtool membandingkan alamat smartphone yang akan di flash dengan file scatter dan menemukan adanya perbedaan, block PMT secara dinamis dibuat oleh program SP flash tool dari file scatter.
Solusinya adalah Untuk menghapus / menimpa PMT block dari scatter file , sobat harus menghapus PMT block dari ponsel terlebih dahulu, caranya Format ponsel pada Flash tool dan klik Download maka Spflash tool akan menulis ulang Flash data , PMT block dan data data lainnya.


11). (3066) S_DA_HANDSET_FAT_INFO_NOT_FOUND

 Flash Tool tidak dapat mem-format alamat region yang berbeda. Sobat harus mengatur region yang ingin di format secara manual.


12). (3144) S_DA_EMMC_FLASH _NOT_FOUND 

Download Agent (DA) tidak dapat menemukan EMMC, ada kemungkinan sobat menggunakan File Scatter yang salah. Atau bisa juga dikarenakan terputusnya jalur distribusi data dari port USB menuju EMMC. Solusinya adalah Ganti File Scatter, jika masih gagal Cek jalur data sampai ke EMMC.


13). (4001) S_FT_DA_NO_RESPONSE

SP Flash Tool tidak merespon. Coba ganti SP Flashtool dengan versi terbarunya, dan jika masih gagal, ada kemungkinan terjadi masalah pada Laptop/PC sobat.


14). (4008) S_FT_DOWNLOAD_FAIL

Gagal Download Flashing. Penyebabnya berfariasi, bisa karena SP Flashtool yang tidak cocok (coba ganti versi SP Flashtool), Batere ponsel yang habis, dan Kabel USB yang bermasalah(kurang bagus). Periksa kembali semua peralatan yang dibutuhkan sebelum melakukan flashing ulang.


15). (4009) S_FT_READBACK_FAIL

Tidak dapat membuka file yang dibutuhkan untuk Flashing. Kemungkinan tidak adanya ruang atau file tidak dapat di write ulang karena status file terkunci. Solusinya adalah Coba untuk mengosongkan sebagian ruang dan pastikan file permission yang bersangkutan sudah tepat.


15). (4050) S_FT_NEED_DOWNLOAD_ALL_FAIL

Pada Umumnya error ini karena masalah download pada semua block, ukuran PMT yang tidak sesuai.
Penyebab : Ukuran block pada PMT yang tidak sesuai dengan file scatter
Solusi : Anda harus menemukan log line pada BROM_DLL, kemudian mengganti padaPartition 13 (USRDATA) size changed from0x0000000000000 t0 0x00000000B620000 ganti USRDATA menjadi _NODL_USRDATA (mungkin akan terjadi error 8038 disebabkan perbedaan pada nama).


17). (5002) S_INVALID_DA_FILE

Flashing yang tidak menggunakan tombol Download, Pada flash tool versi tertentu diharuskan menggunakan tombol download ketika proses flash, coba ganti Flash Tool vesi yang lain atau yang terbaru.


18). (5054) S_DL_GET_DRAM_SETTINGS_FAIL

Belum diketahui pasti penyebabnya.


19). (5056) S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE

Ukuran File melebihi ukuran partisi target.
Penyebabnya biasanya dikarenakan file firmware yang tidak sesuai merk dan type ponsel, pastikan Firmware yang akan di Flash merupakan Firmware yang tepat untuk ponsel anda.


20). (5066) S_DL_PC_BL_INVALID_GFH_FILE_INFOR

Flash Tool tidak dapat menemukan file yang diperlukan saat flashing. Ini bisa terjadi karena lokasi File Scatter yang dipilih tidak berada dalam satu folder dengan file firmware. Letakkan file scatter menjadi satu folder dengan file firmware atau stock rom yang akan digunakan sebagai bahan flashing.


21). (6124) S_SECURITY_INVALID_PROJECT,MSP ERROR CODE : 0X00

Belum diketahui pasti penyebabnya.
Coba Pilih dan ikuti Options > DA Download All > Speed > Full Speed (Solusi ini juga bisa berlaku untuk error 1013)


22). (8038) SP FLASH TOOL ERROR

Adanya perbedaan alamat pada file scatter yang berbeda dengan isi dari block PMT. Coba gunakan mode flash "Firmware Upgrade" (jangan Download). Buka File SP_FLASH_TOOL.log dan lihat pada string yang menunjukkan NOT MATCH, kemudian edit isi dari file scatter (proses edit tergantung dibagian mana yang terdapat Not match).


23). (8045) SP FLASH TOOL ERROR

Masalah ini hampir sama kasusnya dengan error 8038 diatas, tapi lebih sulit karena merubah file scatter pun jarang bisa membantu.


24). (8200) SP FLASH TOOL ERROR

Terjadi error karena Anda berusaha untuk melakukan flashing dengan firmware yang berbeda chipset. Contohnya, firmware sobat adalah MTK6592 dan sobat mencoba flashing ke MTK6582.



Demikian sedikit penjelasan tentang Pengertian Error Pada SP Flashtool Dan Cara Mengatasinya, semoga dapat bermanfaat. Maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan diatas, jika ingin menambahkan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar yang tersedia dibawah ini. Terimakasih, Salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Error Pada SP Flashtool Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment