Handphone Tercebur ke Air? Jangan panik, Ini Solusinya!

Cara Mengatasi Handphone Tercebur air - Dari banyaknya kasus kerusakan pada handphone, tak sedikit juga kerusakan yang disebabkan karena "Air". Seperti contoh tersebur kedalam air, tersiram air, ketumpahan kopi / teh dll. Karena handphone sudah menjadi kebutuhan pokok, tak heran jika setiap saat, setiap waktu bahkan setiap detik handphone selalu ada di tangan kita atau di saku kita. walaupun kita sedang mencuci pakaian, mencuci piring bahkan ke kamar mandi, tak sedikit orang yang membawanya. Dan sebenarnya resiko handphone tersebut jatuh dan kecebur air sangat lah besar.

Handphone Tercebur ke Air? Jangan panik, Ini Solusinya!
Gambar hanya pemanis buatan

Pada kesempatan kali ini Elektro Update ingin berbagi tips tentang Cara Mengatasi Handphone Kecebur Air. Yang jadi pertanyaan, "Apakah handphone bisa mati total jika terkena air atau kecebur air?". Jawabnya adalah "Tidak semuanya". Tergantung dari bagaimana kita mengatasinya, seperti saat handphone tercebur air, kita dengan cepat "melepas battre"yang terpasaang pada handphone, mungkin ini pertolongan pertama pada kasus hp terkena air.

Mengatasi Handphone Yang Tercebur ke Air

Berikut ini adalah Langkah langkah yang perlu di lakukan jika suatu saat handphone anda mengalami hal seperti diatas.

  1. Apabila handphone anda tercebur ke air atau ketumpahan air, maka berbegaslah intuk mencabut batterai yang terpasang.
  2. Jika batterai handphone nya model tanem, maka matikan handphone dengan cara manual (Jika handphone masih hidup) kemudian buka dengan segera kesing handphone tersebut dan lepaskan konektor batterai nya.
  3. Buka kesing handphone sobat, jika tidak punya obeng tuk membuka bisa pinjam ke konter hp yang terima service hp atau bisa membelinya di tempat accesoris hp atau di tempat accesoris yang menyediakan obeng (gunakan saja obeng yang multi fungsi yang ada banyak mata obengnya).
  4. Keringkan hp dengan menggunakan hair dryer (pengering rambut), jika tidak punya hair dryer bisa juga kita angin anginkan dengan kipas angin (mungkin ini membutuhkan waktu yang lumayan lama)..
  5. Cara no 4 diatas membutuhkan waktu yang lama dan menurut saya kurang efektif. Untuk lebih efektifnya setelah kesing hp di buka, lepas LCD, Speaker, kamera dan alat pendukung lainnya kemudian rendam di dalam tiner. Thiner yang di gunakan pun harus thiner yang bagus, kalo saya sih pakai yang merek Inpalah, anda bisa membelinya di toko bangunan terdekat, jangan jauh jauh nanti nyasar hehehehe...


"kenapa harus di rendam dengan thiner? apa ga malah mati tuh hp kalo di rendem di thiner?"

Pertanyaan yang sangat bagus. Thiner berfungsi untuk mengangkat keluar air yang berada di bawah IC, air yang bersembunyi di bawah IC ini lah yang bisa merusak dam membuat short (Konslet) arus tegangan yang mengalir.
Setelah PCB di rendam dan dicuci mengunakan thiner, kemudian keringkan menggunakan hair dryer atau di anginkan menggunakan kipas angin.

Untuk LCD yang di dalam layar ada airnya bisa di keringkan dengan cara di jemur di bawah terik matahari. jika LCD terlihat tidak basah bisa langsung di pasang.

"Banyak yang mengatakan kalo handphone tercebur air lebih baik di bongkar kemudian di jemur dibawah terik matahari, dan menurut saya itu kurang baik dan resiko untuk handphone kembali normal itu sedikit. Kenapa??? PCB handphone yang terkena air jika di jemur dibawah terik matahari akan membuat kaki-kaki komponen menjadi korosi (karatan), dan mengakibatkan komponen terputus dari jalurnya".

Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan dan anda yakin bahwa handphone anda sudah benar-benar kering dari air, silahkan anda pasang lagi handphone yang semula di bongkar dan coba nyalakan handphone anda apakah nyala seperti semula atau tidak. cek battre apakah battre kosong atau terisi sebelum mencobanya.


Perlu diketahui!!!
Tercebur dan Terendam itu berbeda ya bro, Tercebur adalah bersifat sementara dan tidak memakan waktu lama hanya dalam hitungan detik. Sedang kan terendam adalah waktu yang lumayan cukup lama.


Demikian beberapa tips tentang Cara Mengatasi Handphone Tercebur air, Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami kasus seperti pada artikel ini. Mohon maaf jika ada kesalahan kata dalam penulisan artikel ini, sampai ketemu lagi pada update artikel selanjutnya. Salam