Alat Yang Wajib Dimiliki Teknisi Handphone Pemula

Alat Yang Wajib Dimiliki oleh seorang Teknisi Handphone sebenarnya ada banyak macamnya dan banyak fungsinya juga. tapi bagi anda yang baru saja menekuni atau baru belajar dalam dunia reparasi handphone, tidak usah bingung dalam memilih alat apa yang di perlukan bagi seorang pemula dan berapa budget yang di perlukan.

Dalam memilih alat service bagi seorang pemula tidak usah terlalu berlebihan dan mengeluarkan banyak budget untuk membelinya, belilah sesuai dengan keahlian dan kemampuan anda terlebih dahulu, maksudnya jika anda seorang teknisi pemula, anda cukup lah membeli alat yang wajib dimiliki atau paling sering digunakan saja. Jika dirasa anda sudah menguasai dasar-dasarnya dan memahami sistem kerja handphone, dan pasti membutuhkan sebuat alat lain yang dapat membantu proses reparasi handphone.

Alat Yang Wajib Dimiliki Teknisi Handphone Pemula

Berikut dibawah ini adalah beberapa Alat Yang Wajib Dimiliki Teknisi Handphone Pemula, diantaranya adalah yang paling sering digunakan dan wajib dimiliki.

1. Obeng (Kusus Handphone):

Service HP

Obeng adalah sebuah alat yang paling penting, karena dapat di gunakan untuk membuka baut yang terdapat pada handphone. Obeng ini memiliki beberapa varian, anda bisa membelinya dalam satu set.

2. Pinset

Service HP

Ada dua jenis pinset yang digunakan oleh teknisi handphone yaitu pinset lengkung dan pinset lurus Fungsinya untuk membantu memudahkan dalam melakukan pekerjaan seperti contoh: menjepit komponen pada saat melepas atau memasang komponen kecil.

3. Multitester

Service HP

Alat ukur ini sangat penting untuk dimiliki oleh seorang teknisi handphone karena alat ini dapat mempermudah pekerjaan kita dalam hal menentukan suatu tegangan, cek komponen masih bagus atau sudah mati, cek besaran arus tegangan, cek jalur dan lain sebagainya.

4. Solder Manual

Service HP

Alat yang wajib dimiliki oleh seorang teknisi handphone yang berfungsi untuk mematri dan melepas komponen pada PWB. Selain solder manual, juga ada yang namanya solder uap atau sering dikenal dengan nama blower

5. Solder Uap (Blower) :

Service HP

Alat yang wajib dimiliki oleh seorang teknisi handphone. Kenapa diberi nama solder uap?Karna solder ini memiliki udara yang panas yang mampu mencairkan timah, dan suhu udaranya dapat kita atur. Fungsinya untuk mencairkan timah dan untuk mencabut atau mengangkat dan memasang komponen(IC).

6. Timah

Service HP

Timah yang digunkan untuk mematri komponen dengan ukuran kecil sebesar 0,3mm berfungsi sebagai perekat komponen pada PWB.

7. Timah Pasta

Service HP

Timah ini berbeda dengan timah yang saya sebutkan diatas, timah pasta berbentuk cair seperti pasta gigi. Fungsinya untuk membuat kaki-kaki pada IC menggunakan Plat BGA.

8. Penjepit PCB

Service HP

Alat ini sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan dalam hal angkat atau pasang komponen, dengan menjepitkan PCB pada penjepit pcb ini agar tidak bergerak bergerak yang tentunya akan mempersulit pekerjaan.

9. Cairan IPA (Tiner Inpala)

Cairan ini adalah cairan yang digunakan oleh teknisi untuk membersihkan pcb dari kotoran, korosi, bekas cairan flux atau siongka, dan lain sebagainya. Cairan ini bisa kita dapatkan di toko matrial, kalo saya sih biasanya pakai tiner inpala.

10. Plate BGA

Service HP

Alt ini digunakan utntuk mencetak kembali kaki-kaki IC yang telah rusak. Bahan yang digunakannya adalah timah pasta (timah cair).

11. Kawat Jumper

Service HP

Kawat ini digunakan untuk menghubungkan jalur PWB yang putus (Jumper) atau lebih terkenal dengan sebutan teknik jumper.

12. Flux (siongka)

Service HP

Berbentuk cairan kental seperti pasta gigi yang berfungsi untuk mempercepat dalam men-solder dan berfunsi juga untuk melindungi komponen lain dari panasnya udara dari solder uap (blower). Selain flux diatas, kita juga dapat menggunakan siongka sebagai penggantinya.

13. Lampu Service

Service HP

Lampu ini berfungsi sebagai penerangan pada saat melakukan pekerjaan, selain itu juga terdapa kaca pembesar yang memudahkan kita untuk melihat komponen kecil.

14. DC Power Supply 

Service HP

Selain berfungsi sebagai power suplay, alat ini juga dapat digunakan untuk cek komponen yang short (konslet) dan lain sebagainya.

15. Skema Jalur (Schematik Diagram)

Skema ini adalah sebuah diagram jalur, yaitu untuk mengetahui jalur jalur pada sebuah hp, menganalisa jalur agar lebih mudah menemukan jalur yang rusak atau putus, menentukan besaran tegangan yang seharusnya keluar, dan lain sebagainya.

Mungkin hanya itu saja Alat Yang Wajib Dimiliki Teknisi Handphone Pemula, untuk alat lainnya mungkin bisa menyusul atau menyesuaikan dengan kemampuan anda dalam berkreasi. Terimakasih dan salam Blower.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Alat Yang Wajib Dimiliki Teknisi Handphone Pemula"

    Post a Comment