Mengatasi Samsung Galaxy Note 5 Black Screen

Cara mengatasi Samsung Galaxy Note 5 Black Screen dan tidak responsif, LCD (Layar) tiba-tiba menjadi tidak responsif (Blank) dan layar menjadi gelap (Black Screen) adalah pertanda bahwa Samsung Galaxy Note 5 (Note5) mengalami masalah pada firmware atau masalah Hardware. Tidak ada cara untuk menentukan apa masalahnya jika Anda tidak memecahkan masalah perangkat Anda. Jadi dalam artikel kali ini, Saya akan memberikan sedikit tips dalam memecahkan masalah Samsung Galaxy Note 5 Black Screen & not responsif.

Mengatasi Samsung Galaxy Note 5 Black Screen

Ada tiga tips untuk memecahkan masalah Samsung Galaxy Note 5 Black Screen and Not Responsif, untuk itu Saya sarankan untuk membacanya dari awal artikel hingga selesai, untuk menghindari kegagal pahaman.

Galaxy Note 5 Black Screen, ponsel tidak responsif

Pemecahan masalah : Black Screen, tidak responsif (Blank). Itu bisa menjadi tanda bahwa ponsel Anda mengalami crash aplikasi, masalah firmware atau masalah Hardware yang lebih kompleks. Berdasarkan kemungkinan ini, berikut adalah hal yang perlu Anda lakukan:

Langkah 1: Paksa reboot ponsel Anda

Tekan dan tahan Volume Turun dan tombol Daya selama 10 detik. Jika masalahnya memang karena masalah firmware, maka seharusnya ponsel akan reboot tanpa masalah. Prosedur ini sangat efektif untuk mengatasi masalah firmware dan gangguan perangkat keras. Ini pada dasarnya hanya melakukan reboot (Restart) ponsel, tetapi mensimulasikan pemutusan baterai yang setara dengan prosedur penarikan baterai yang banyak dari kita ketahui.

Langkah 2: Coba boot dalam Safe Mode

Ini akan mengesampingkan kemungkinan bahwa masalahnya disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga. Melakukan hal ini akan mem-boot ponsel Anda dengan semua aplikasi dan layanan pihak ketiga dinonaktifkan. Jadi masalah yang disebabkan oleh mereka akan diperbaiki.
Cara masuk ke Safe Mode:

  1. Tekan dan tahan tombol Daya.
  2. Ketika 'Samsung Galaxy Note 5' muncul, segera lepaskan tombol Daya dan kemudian tekan dan tahan tombol Volume Bawah.
  3. Lanjutkan menahan tombol Volume Bawah hingga ponsel selesai restart.
  4. Ketika Anda melihat Safe Mode di sudut kiri bawah layar, lepaskan tombol Volume Bawah.


Langkah 3: Boot ponsel ke Factory Mode

Prosedur ini akan menonaktifkan sementara Android user interface. Berarti telepon akan berjalan pada barebone ketika boot dalam factory moce dan Anda dapat melakukan beberapa prosedur berorientasi firmware yang dapat membantu memperbaiki masalah. Jadi, cobalah untuk memulai telepon Anda dalam factory mode dan kemudian bersihkan partisi cache.
Cara masuk ke menu Factory Mode:

  1. Matikan Samsung Galaxy Note 5 Anda.
  2. Tekan dan tahan tiga tombol berikut secara bersamaan: Tombol Volume Atas, Tombol Home, dan tombol Power.
  3. Ketika telepon bergetar, lepaskan tombol Power. Tombol Volume Atas dan Tombol Home masih tetap ditekan dan di tahan.
  4. Jika sudah masuk ke menu Recovery Mode, lepaskan Tombol Volume Atas dan Tombol Home.
  5. Tekan tombol Volume Bawah untuk navigasi.
  6. Kemudian pilih 'wipe cache partition'.
  7. Tekan tombol Power untuk memilih.
  8. Kemudian 'Reboot system now'.


Jika Anda sudah melakukan 3 langkah diatas, namun masih tidak berhasil juga. Maka Saya sarankan untuk membawanya ke konter service handphone.


Samsung Galaxy Note 5 Black Screen karena aplikasi Gear VR

Pertanyaan: Halo, saya ingin bertanya apakah ada solusi untuk memperbaiki layar hitam dengan sedikit x di bagian bawah setelah aplikasi gear vr muncul. Saya tidak pernah mengunduh aplikasi itu tetapi layar ponsel saya sering menjadi hitam dengan x kecil di bagian bawah. Saya sudah melakukan setel ulang pabrik, Wipe data/factory reset melalui menu recovery mode dan hasilnya masih sama.

Pemecahan masalah:

Langkah 1: Paksa Reboot Samsung Galaxy Note 5

Saat telepon hang atau layar menjadi hitam, paksa reboot perangkat Anda dan lihat apakah itu dapat mengatasi masalah. Tekan dan tahan tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan selama 10 detik. Jika masalah masih terjadi, maka reset master diperlukan.

Langkah 2: Lakukan Master Reset di ponsel Anda

Jika langkah pertama gagal, tidak ada pilihan lain selain melakukan reset master. Berita buruknya adalah Anda akan kehilangan semua yang Anda simpan di ponsel Anda termasuk aplikasi, file, dan data Anda, tetapi itu adalah langkah yang perlu untuk menentukan apakah itu hanya masalah firmware atau Hardware.
Cara melakukan Master Reset:

  1. Hapus akun Google Anda dan jangan kunci layar agar ponsel tidak terkunci oleh sistem Factory Reset Protection.
  2. Matikan Samsung Galaxy Note 5 Anda.
  3. Tekan dan tahan tombol Volume Atas, tombol Home dan tombol Power secara bersamaan.
  4. Ketika perangkat menyala dan menampilkan 'Power on logo', lepaskan semua tombol dan ikon Android akan muncul di layar.
  5. Tunggu hingga menu Recovery Mode muncul lebih kurang sekitar 30 detik.
  6. Gunakan tombol Volume Bawah untuk navigasi, dan pilih 'Wipe data/factory reset', Tekan tombol Power untuk memilih.
  7. Tekan tombol Volume Bawah lagi hingga opsi 'Yes - Delet all user data', tekan tombol Power untuk memilih.
  8. Setelah reset selesai, pilih 'Reboot system now' dan tekan tombol Power untuk me-restart ponsel.

Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah diatas, namun masih tidak berhasil juga. Maka Saya sarankan untuk membawanya ke konter service handphone.

Demikian beberapa tips cara Mengatasi Samsung Galaxy Note 5 Black Screen, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga dapat bermanfaat, Salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Samsung Galaxy Note 5 Black Screen"

Post a Comment