Baterai Handphone di Cas Berjam-jam Tidak Mau Penuh? Ini Solusinya!!

Baterai Handphone di Cas Semalaman hanya berhenti di 60% dan tidak mau full 100%, ini lah yang sering terjadi akhir-akhir ini. Sungguh sangat menjengkelkan sekali jika hal itu terjadi, apalagi jika sobat sudah mencoba mengganti connector charger dan baterai, namun kendala seperti daya baterai tidak bertambah walau di cas seharian penuh. Pasti sangat membingungkan dan membuat penasaran, Apa sih yang terjadi dan yang harus ditangani??? Nah, disini pada kesempatan kali ini Elektro Update ingin berbagi beberapa tips tentang cara mengatasi baterai handphone yang tidak mau penuh 100% walau di cas berjam-jam.

Baterai Handphone di Cas Berjam-jam Tidak Mau Penuh? Ini Solusinya!!

Jika sobat sedang mengalami masalah seperti Di charging Semalaman, Baterai Ponsel Gak Penuh, jangan panik dulu ya? jangan buru-buru pergi ke konter service, ga ada salahnya jika kita mencoba menganalisanya terlebih dahulu sebelum membawanya ke konter service. Ini akan menghemat ongkos pengeluaran saku ya tentunya.

Solusi Baterai Handphone Tidak Mau Terisi Daya

1. Handphone keadaan mati tidak mau di charge.

Jika sebelumnya handphone sobat sehat-sehat saja, dan di kemudian hari handphone sobat mati dikarenakan habis baterai (Low Batt), kemudian sobat cas handphone tersebut namun tidak ada tanda-tanda pengisian baterai dan handphone tidak mau menyala. Walaupun di cas berjam-jam atau bahkan seharian juga handphone tersebut tidak akan menyala, karena daya pada baterai kurang atau lebih rendah dari daya yang sudah di tetapkan.
Solusinya: Gunakan Dekstop (Casan kodok) atau Power Suplay dengan Voltase 5V untuk mengisi baterai tersebut, lepas baterai dari handphone kemudian cas menggunakan Dekstop (casan kodok).

2. Di Charge Berjam-jam hanya terisi 16% atau sekian % dan tidak mau full

Kendala seperti ini biasa terjadi karena beberapa faktor, sebelum mengecek lebih dalam kedalam sistem hardware handphone, coba cek terlebih dahulu komponen pendukung seperti charger yang digunakan, apakah kualitasnya masih bagus atau sudah kurang bagus. Coba gunakan charger lain untuk pengisian baterai.

Cek Connector Charger, apakah charger terhubung baik dengan handphone melalui connector charge atau tidak. Jika pada kasus ini handphone dapat di cas atau muncul tanda-tanda pengisian baterai seperti adanya tanda petir pada logo baterai, namun baterai tidak bertambah daya nya, ada kemungkinan baterai telah rusak atau sudah lemah. Biasanya ini sering terjadi pada handphone yang pemakaiannya lebih dari satu tahun, cobalah untuk mengganti baterai dengan baterai baru.

Jika solusi diatas sudah dilakukan namun kendala masih tetap terjadi, maka solusi yang terakhir adalah mengecek jalur charger dan komponen pada sistem pengisian (charger). Untuk jalur charger handphone sobat bisa mencarinya di googl.

Cek jalur Vbatt dari connector charger hingga IC Charger dan jalur Vbatt dari connector baterai hingg IC Charger, pastikan semua jalur terhubung dengan baik, jika terdapat jalur yang putus maka sobat harus men-jumper nya.

Jika semua jalur normal, langkah selanjurnya adalah melakukan pengukuran tegangan yang keluar dari connector charger hingga connector baterai dengan cara menghubungkan charger dengan handphone (tanpa baterai). Pastikan tegangan yang keluar dari Connector Charger adalah 5V, jika tegangan yang keluar kurang dari 5V maka dapat dipastikan Charger rusak, coba ganti dengan charger lain. Dan tegangan yang keluar pada Connector Baterai adalah 4.4V (tergantung pada kapasitas Max baterai, cek keterangan pada baterai).

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan namun masih tidak ada perubahan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan flash ulang, bisa saja hal tersebut terjadi dikarenakan ada file os yang corrupt.

Terakhir saya pernah dapat kasus sama seperti diatas, saya sudah lakukan semua hal seperti diatas namun handphone ini memang sangat bandel. Di cas berjam-jam dari 0% hingga 16% mentok dan tidak bertambah lagi, semua cara diatas sudah dilakukan. Semua jalur normal dan tegangan voltase yang keluar juga normal. Saya coba buang Dioda yang berada di dekat Connector Charge yang menghubungkan Vbatt charger dengan ground, alhamdulillah kasus Done, baterai sudah mau mengisi hingga 100% dalam waktu lebih kurang 2 jam.

Demikian sedikit Solusi tentang Baterai Handphone di Cas Berjam-jam Tidak Mau Penuh, semoga dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil, Salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Baterai Handphone di Cas Berjam-jam Tidak Mau Penuh? Ini Solusinya!!"

Post a Comment