Lenovo A2010a Tidak Bisa di Cas? Cek Jalur dan Tegangan Komponennya!!

Solusi Lenovo A2010 Not Charging - Hallo sobat, berjumpa lagi dengan Elektro Update disini. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang solusi mengatasi hanphone lenovo yang tidak dapat di cas, padahal sudah diganti connectornya namun masih tetap tidak mau dan tidak ada tanda-tanda pengisian batterai.

Mengatasi Hanpdhone Lenovo Tidak dapat di charge, berikut adalah jalur komponen yang bisa sobat gunakan untuk mengecek apakah ada jalur yang putus atau tidak, dan anda juga dapat menganalisa komponen yang rusak dengan cara mengukur tegangan yang keluar pada komponen tersebut. Lihat gambar dibawah ini.

Cek Jalur dan Tegangan Lenovo A2010a


Lenovo A2010a Tidak Bisa di Cas? Cek Jalur dan Tegangan Komponennya!!

Cek Jalur Komponen

Perhatikan gambar diatas, pada jalur yang berwarna Merah adalah jalur dari connector charger yang masuk dan menuju ke IC Charger. Kemudian cek juga jalur setelah keluar dari IC Charger hingga ke Connector Batterai, jalur berwarna Orange. Jika terdapat jalur yang putus, maka anda dapat melakukan jumper dengan menggunakan kawat tembaga khusus jumper.

Cek Tegangan Keluaran Komponen

Jika dirasa semua jalur komponen normal dan tidak ada yang putus, maka hal selanjutnya adalah mengecek tegangan yang keluar pada komponen. Caranya, Hubungkan charging dengan mesin lenovo a2010 (posisi nge-cas hp seperti biasanya). Cek menggunakan Volt Meter dengan pengaturan 10V, letakan kabel warna Hitam pada grounding (Negatif) dan kabel warna Merah kita gunakan untuk mengecek komponent. Perhatikan gambar diatas, pastikan pada jalur yang berwarna Merah mengeluarkan tegangan 5V, hal ini dikarenakan voltase charging harus 5V.  Jika pada jalur tersebut tidak keluar tegangan 5V atau keluar tegangan kurang dari 5V coba ganti charger yang lain yang memiliki nilai voltase nya 5V. Dan jika pada jalur tersebut tidak keluar tegangan sama sekali, coba solder ulang connector charger atau bila perlu ganti connectornya.

Jika pada langkah diatas sudah dirasa normal, lanjut cek jalur setelah IC Charger dan pastikan keluaran voltase nya sekitar 4.6V. Dan jika pada jalur tersebut tidak keluar tegangan sama sekali dan jalur sudah di cek dalam keadaan normal (tidak ada yang putus), coba re-Hot IC Charger (panaskan menggunakan solder uap) kemudian cek lagi jalurnya. Jika setelah di rehot masih tidak keluar tegangan, maka jalan satu-satunya adalah dengan mengganti IC Chargernya.



Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan pada artikel Lenovo A2010a Tidak Bisa di Cas? Cek Jalur dan Tegangan Komponennya!! ini. Kurang lebihnya mohon maaf dan jika ada masukan dari sobat, silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar dibawah. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lenovo A2010a Tidak Bisa di Cas? Cek Jalur dan Tegangan Komponennya!!"

Post a Comment