Struktur Diagram Ponsel dan Fungsi Komponennya, Lengkap Dengan Gambar!!!

Struktur Diagram Ponsel dan Fungsi Komponennya - Hallo sobat Elektronik Update, pada kesempatan kalini ini saya ingin berbagi artikel yang menjelaskan tentang dasar-dasar struktur diagram ponsel.  Jadi disini menjelaskan tentang proses sistem kerjanya ponsel yang sering kita gunakan, dan ini berlaku untuk semua type handphone. Disini juga akan di jelaskan tentang fungsi-fungsi dari komponen yang paling umum dan banyak digunakan pada hampir semua merk dan type handphone.

Struktur Diagram Ponsel

Dasar Struktur Diagram Ponsel adalah dasar dari semua struktur diagram perangkat telekomunikasi ponsel yang ada di dunia, baik untuk diagram ponsel GSM maupun CDMA.

Struktur Diagram Ponsel dan Fungsi Komponennya, Lengkap Dengan Gambar

Fungsi-fungsi Komponen Ponsel Secara Umum

Antenna

Fungsinya Sebagai Perubah Signal Frequency Radio Menjadi Signal Listrik.

Switch Antenna

Fungsinya sebagai Duplixer / Pemisah antara Signal RX (Penerimaan) dengan Signal TX (Pemancaran), dan bisa juga disebut sebagai Terminal pada Pesawat telepon Selular.

Struktur Diagram Ponsel dan Fungsi Komponennya, Lengkap Dengan Gambar


Filter RX


Fungsinya Sebagai penyaring / pembagi frekwensi yang diinginkan / yang akan diterima, agar sinyal menjadi lebih bersih yang akan diterima oleh Pesawat Telepon Selular.

IC RF Processor

Fungsinya Sebagai pengontrol sinyal RX (masuk) dan TX(keluar), agar setiap bagian dapat bekerja baik, Komponen ini terdiri dari beberapa bagian seperti : IF, MIXER, OSCILATOR, DETECTOR, ENCODER, DECODER, AFC, TONE FREQUENCY, SQUELCH.
Struktur Diagram Ponsel dan Fungsi Komponennya, Lengkap Dengan Gambar


VCO (Voltage Control Oscillator)


Fungsinya : Sebagai Oscillator / Pembangkit frekwensi yang akan dikirim melalui bagian TX (Pemancaran) dan memeriksa Frekwensi yang masuk melalui bagian RX (Penerimaan) agar tetap sama dengan yang di pancarkan. Dan juga untuk mengatur tegangan pulsa dari RF Signal Processor.
Struktur Diagram Ponsel dan Fungsi Komponennya, Lengkap Dengan Gambar


Filter TX


Fungsinya Sebagai penyaring / pembagi frekwensi yang akan dikirim atau di pancarkan sebelum diperkuat lagi oleh komponen lain yang terdapat di dalam Pesawat Telepon Selular

IC P.A (Power Amplifier)

Fungsinya Sebagai penguat Akhir signal yang akan di pancarkan melalui komponen switch antena yang terdapat didalam Pesawat Telepon Selular
Struktur Diagram Ponsel dan Fungsi Komponennya, Lengkap Dengan Gambar

Power Detector

Adalah transistor yang mendeteksi, kuat lemahnya Signal dan mengirimkan data kepada CPU untuk diolah dan kemudian memberikan data keseluruh komponen terkait, Khususnya dengan Hardware yang berkaitan dengan Signal.

IR T/R Dioda

Fungsinya sebagai pemancar dan penerimaan frequency data dengan menggunakan cahaya infra merah, digunakan untuk mengiring dan menerima data aplikasi software, tanpa perlu kabel data.

Blutooth

Komponen ini berfungsi sebagai pemancar dan penerimaan frekuensi data dengan menggunakan gelombang radio atau gelombang frekuensi dengan fungsi- fungsi yang hampir sama dengan infra red.

Speaker

Adalah suatu alat untuk keluarnya suara yang sebelumnya hanyalah getaran listrik dan diubah menjadi suara dengan melalui IC Audio, yang diterima oleh CPU untuk mengeluarkan suara yang terdapat dalam Pesawat Telepon Selular.

Microphone

Adalah suatu alat untuk berbicara dan cara kerjanya ialah mengubah getaran suara menjadi getaran listrik agar suara yang diterima bisa diproses oleh komponen Pesawat Telepon Selular lainnya.

Simcard

Adalah Identitas diri dari setiap Pesawat Telepon Selular yang sedang aktif tergantung dari provider sim card yang digunakan, dengan cara diproses oleh CPU yang terdapat dalam Pesawat telepon Selular.

C.P.U (Central Processing Unit)

Adalah Pusat pengolahan data yang terdapat pada seluruh elemen atau komponen yang bekerja didalam Pesawat Telepon Selular seperti memerintah komponen terkait untuk bekerja sesuai kebutuhan dan dapat menerima informasi dari masing – masing komponen Contoh : Memerintahkan IC Power Supply untuk mensupply Tegangan/ arus keseluruh bagian Pesawat Telepon Selular, memerintahkan LCD untuk menampilkan Aktifitas pada Pesawat Telepon Selular, memerintahkan IC Flash untuk menyimpan data dan mengeluarkannya pada saat dibutuhkan, memeriksa data dari Sim Card yang masuk melalui IC Power Supply, menerima perintah data dari Keypad untuk di proses.
Struktur Diagram Ponsel dan Fungsi Komponennya, Lengkap Dengan Gambar


RAM (Random Access Memory)


Adalah tempat menyimpan data sementara dan membantu kinerja CPU.semakin besar kapasitas RAM semakin baik kinerja CPU.
Struktur Diagram Ponsel dan Fungsi Komponennya, Lengkap Dengan Gambar


IC Flash


Adalah tempat penyimpanan Data pada Pesawat Telepon Selular, yang sifatnya sementara karena datanya dapat dirubah ataupun ditambah.

EEPROM (Electricaly Erase Programable Read Only Memory)

Adalah tempat penyimpanan data utama yang permanent atau data pabrik, dan bekerja tidak dengan ada atau tidak adanya arus listrik pada ponsel, karena mempunyai daya listrik tersendiri. Sedangkan letaknya terdapat pada IC AUDIO.

IC Regulator / Power Supply

Berfungsi untuk mengatur tegangan, agar dapat diatur sesuai kebutuhan masing- masing komponen terkait, dan juga sebagai pengkontrol dari IC Charging yang dikendalikan oleh CPU.
Struktur Diagram Ponsel dan Fungsi Komponennya, Lengkap Dengan Gambar


IC Charger


Adalah komponen yang bekerja secara otomais pada saat pengisian dan kerjanya hanya untuk mengisi tegangan battry yang dikendalikan oleh CPU melalui IC Regulator.
Struktur Diagram Ponsel dan Fungsi Komponennya, Lengkap Dengan Gambar

IC Audio

Fungsinya Sebagai pengolah sinyal suara yang masuk dari IC RF, diperkuat dan diteruskan ke Speaker, memperkuat getaran suara yang telah dirubah
Mic menjadi getaran listrik kemudian diteruskan ke IC RF, menjalankan perintah dari CPU dan Pada IC Audio juga terdapat PCM ( Pulse Code Module ) dan EEPROM yang berfungsi membaca kode sinyal yang datang dari operator untuk disesuaikan dengan Imei Ponsel juga menyimpan data- data yang bersifat permanen seperti : Imei, Phone Code, Sec.Code.
Struktur Diagram Ponsel dan Fungsi Komponennya, Lengkap Dengan Gambar


LCD (Liquit Cell Disply)


Komponen ini berfungsi sebagai alat yanga akan menampilkan semua kegiatan / aktifitas dari pada Pesawat Telepon Selular.

Keypad

Komponen ini berfungsi sebagai alat yang memberikan perintah data kepada CPU untuk di proses dan akan dikirimkan kepada komponen lain yang terkait pada ponsel.

IC Interface

Fungsinya sebagai pengontrol data yang diperintahkan oleh CPU untuk Vibrator, Buzzer, lampu dan bersifat sebagai saklar otomatis dalam Pesawat Telepon Selular.
Struktur Diagram Ponsel dan Fungsi Komponennya, Lengkap Dengan Gambar


Battery


Fungsinya sebagai Sumber Arus listrik atau Tegangan yang diperlukan untuk memberikan arus listrik kepada Ponsel.

Flexible

Fungsinya sebagai penghubung antara komponen satu dengan komponen lainnya.


Demikian penjelasan singkat dari Elektro Update tentang Struktur Diagram Ponsel dan Fungsi Komponennya, Lengkap Dengan Gambar!!!, Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita tentang dunia ponshel. Salam