Lupa Pola, Sandi atau Pin Pada Samsung Galaxy? Ini Solusinya

Lupa Pola, Sandi atau Pin Pada Samsung Galaxy - Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengamankan hp kesayangan dari sentuhan yang tidak di sengaja di dalam saku baju ataupun celana, atau juga dari tangan jahil orang di sekitar kita. Mungkin dengan mengunci handphone kita dengan Pola, Pin atau kata sandi dapat mengurangi resiko smartphone kita tersentuh - sentuh dengan sendirinya saat berada di dalam saku, namun apa jadinya jika kita lupa dengan bentuk pola, atau kata sandi dan pin kita? Mungkin kalau lupa itu hal yang jarang sekali terjadi ya.

Ada banyak juga type smartphone yang jika kita membuka kunci pola, kata sandi atau pin yang salah dengan beberapa kali, langsung smarphone tersebut dengan otomatis mem-block smartphone tersebut dan hanya pemilik aslinya yang dapat membuka smartphone tersebut menggunakan akun email dan password tentunya. Namun jika pada saat kejadian, semartphone dalam keadaan mode data sedang off (tidak terkoneksi dengan internet), bagaimana caranya kita membuka kunci smartphone tersebut? sedangkan login email harus menggunakan layanan data (koneksi internet). Dibawah ini akan saya jelaskan cara - caranya, disimak ya?

Mengatasi Lupa Pola, Sandi atau Pin

wipe data

Hal yang harus dilakukan adalah melakukan Factory Reset (Kembali ke pengaturan pabrik), artinya semua data yang tersimpan di dalam memory telpon akan hilang (terhapus). Ya memang itulah resiko yang harus di terima dengan berat hati hehehe..

Lalu bagaimana cara mengembalikan handphone ke pengetaruran pabrik?

Dengan cara masuk ke menu Recovery Mode, hampir semua Smartphone Android memiliki menu Recovery Mode, hal ini dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan Backup data, Restore, Factory Reset dan lain sebagainya. Langsung aja kita bahas judul artikel ini.

Langkah - langkah masuk ke Menu Recovery Mode

1. Matikan Smartphone Android anda. Perhatikan smartphone anda jika terdapat menu Home seperti pada gambar diatas, coba tekan dan tahan secara bersamaan tombol Volum Up + Home + Power hingga muncul logo Samsung kemudian lepas Tombol Power.
Jika tidak masuk ke menu Recovery Mode coba ulangi langkah diatas dengan menekan dan tahan secara bersamaan Tombol Home + Power hingga muncul logo samsung lepas kan tombol Power.

2. Jika Smartphone anda tidak ada tombol Home, cara masuk ke menu recovery mode dengan menekan dan tahan secara bersamaan tombol Volume Up + Power hingga muncul Logo. jika tidak masuk ke menu recovery, coba ulangi lagi dengan Volume Down + Power hingga masuk ke menu recovery mode.

3. Jika sudah masuk ke Menu Recovery Mode, Pilih Wipe Data / Factory Reset dengan mengunakan tombol Volume sebagai navigasi dan tombol Power sebagai OK. Setelah memilih Wipe Data / Factory Reset jika ada pilihan Yes, wipe data / factory reset, tunggu hingga proses selesai dengan di tandai keterangan "Done".

Type Smartphone Dan Cara Masuk Menu Recovery Mode

Berikut ini saya berikan beberapa contoh type smarphone dan cara masuk menu recovery mode yang sudah pernah saya lakukan. Maaf hanya beberapa contoh saja ya, karena saya lupa untuk type - type yang lain, anda bisa mengkreasikannya sendiri ya.

Samsung Galaxy Mini : home + power

Samsung Galaxy Mini 2 : home + power + volume up + volume down

Samsung Galaxy Pocket : home + power + volume up

Samsung Galaxy Ace : home + power

Samsung Galaxy Ace 2 : home + power + volume up

Samsung Galaxy Fit : home + power

Samsung Galaxy Gio : home + power

Samsung Galaxy Y Duos : home + power + volume up

Samsung Galaxy Fame : home + power + volume up

Samsung Galaxy S III Mini : home + power + volume up

Samsung Galaxy 551: Tekan tombol huruf T + Power.

Samsung Galaxy Pro: Tekan tombol T + Power

Samsung Galaxy Y (Young) GSM : Volume Up + HOME + Power.

Samsung Galaxy Y (Young) CDMA : Volume Up + HOME + Power.

Samsung Galaxy W (Wonder)Volume Up + HOME + Power.

Samsung Galaxy Tab 7(P1000): Volume UP + Power.

Samsung Galaxy Tab 7 Plus (P6200) : Volume UP + Tombol.

Samsung Galaxy Ace Plus : Volume Up + Volume Down  + Home + Power.

Samsung Galaxy Note N7000 : Volume UP + Home + Power.

Demikian lah sedikit solusi mengatasi Lupa Pola, Sandi atau Pin Pada Samsung Galaxy, semoga dapat bermanfaat. Salam opreker