Pengertian Potensiometer, Fungsinya dan Cara Kerjanya

Pengertian Potensiometer, Fungsinya dan Cara Kerjanya - Tentu sangat tidak asing lagi bagi kita menjumpai atau bahkan sering menggunakannya, karena hampir semua rangkaian elektronik menggunakan komponen yang satu ini. Karena selain dapat digunakan sebagai resistor tetap, komponen ini juga dapat dirubah nilai tegangannya sesuai dengan keinginan kita. Biasanya kita sering menjumpai komponen ini pada alat elektronik seperti Radio, Amplifier, Sound Sistem, Power Suplay dan lain sebagainya.

Pengertian Potensiometer, Fungsinya dan Cara Kerjanya

Pengertian Potensiometer
Potensiometer adalah komponen resistor yang memiliki tiga kaki terminal dengan sambungan geser yang membentuk pembagi tegangan agar dapat disetel. Walaupun hanya dua kaki terminal yang digunakan (Kaki terminal tetap dan terminal geser), potensiometer tetap dapat digunakan sebagai resistor variabel. Potensiometer banyak digunakan untuk mengendalikan perangkat elektronik seperti pengendali suara pada amplifier. Potensiometer yang dioperasikan oleh suatu mekanisme dapat digunakan sebagai transduser, misalnya sebagai sensor joystick.
Baca juga:
Pengertian, Penjelasan Dan Jenis-Jenis Kapasitor Lengkap
Pengertian, Penjelasan dan Jenis-Jenis Resistor Lengkap

Potensiometer biasanya digunakan untuk mengendalikan daya rendah dan jarang digunakan untuk mengendalikan daya tinggi (lebih dari 1 Watt) secara langsung. Potensiometer digunakan untuk menyetel taraf isyarat analog (misalnya pengendali suara pada peranti audio), dan sebagai pengendali masukan untuk sirkuit elektronik.


Membaca Ukuran Potensiometer
Berbeda dengan resisor tetap yang cara membaca nilai hambatannya dengan warna, pada komponen potensiometer biasanya terdapat tulisan kode "B50K" atau hanya "50K" berarti nilai hambatan potensiometer tersebut adalah sebesar 50KΩ atau 50.000Ω. Jika pada potensiometer terdapat angka "5K" berarti potensiometer tersebut memiliki nilai hambatan sebesar 5KΩ atau 5000Ω.

Jenis-jenis Potensiometer
Ada 3 Jenis Potensiometer уаіtu :
  1. Potensiometer Slider уаіtu Potensiometer уаng nilai resistansinya dараt diatur dеngаn cara menggeserkan Wiper-nya. Cara merubah nilai resistansinya dengan cara mengeser dari kanan ke kiri atau sebeliknya, dan ada juga yang menggesernya dari atas kebawah atau sebaliknya. Semua sesuai dengan selera pemasangannya saja.
  2. Potensiometer Rotary уаіtu Potensiometer уаng nilai resistansinya dараt diatur dеngаn cara memutarkan Wiper-nya. Biasanya potensiometer ini banyak digunakan pada komponen audio sebagai pengendali suara.
  3. Potensiometer Trimmer уаіtu Potensiometer ini bentuknya kecil dan untuk merubah nilai resistannya kita dapat menggunakan obeng kecil untuk memutar Wipernya.

Fungsi-fungsi Potensiometer
Fungsi dari Potensiometer ini Sama seperti resisitor pada umumnya, hanya saja yang membedakan adalah potensiometer dapat di ubah nilai hambatannya atau resistansinya.

Berikut beberapa fungsi Potensiometer pada alat elektronik :




  • Amplifier -> Terdapat potensiometer yang berfungsi sebagai pengendali suara (membesarkan atau mengecilkan suara/volume)
  • Power Supply -> Terdapat potensiometer yang berfungsi mengatur output tegangan
  • Kipas Angin -> Ada juga kipas angin yang menggunakan potensiometer sebagai penentu kencang putaran motor kipas
  • Dan lain sebagainya.

Cara Kerja Potensiometer
Pengertian Potensiometer, Fungsinya dan Cara Kerjanya

Bagian-bagian dari Potensiometer:
1. Wiper atau disebut јugа dеngаn Penyapu
2. Element Resistif
3. Terminal

Element Resistif memiliki 2 kaki terminal yang terletak dibagian kanan dan kiri, sedangkan Wiper (Penyapu) memiliki 1 kaki terminal yang letaknya ditengah dan berfungsi sebagai penentu nilai resistansi pada potensiometer. Pergerakan Wiper (Penyapu) pada Jalur Elemen Resistif inilah уаng mengatur naik-turunnya Nilai hambatan atau Resistansi pada ѕеbuаh Potensiometer.

Demikian sedikit ulasan tentang Pengertian Potensiometer, Fungsinya dan Cara Kerjanya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, mohon maaf jika terdapat kesalahan kata dalam penulisan. Salam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Potensiometer, Fungsinya dan Cara Kerjanya"

Post a Comment