Flash Realme 3 RMX1821 via SP FlashTool 100% Work

Flash Realme 3 RMX1821 – Hallo sobat Elektro Update, apa kabarnya? Semoga selalu dalam LindunganNYA, Amiin. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tutorial tentang Cara Flash Realme 3 RMX1821 Via SP Flashtool 100% Work. Bagi sobat yang mengalami masalah pada Realme 3 seperti Bootloop (hang logo), Boot error, hardbrick bisa mengikuti tutorial ini hingga selesai.

Flash Realme 3 RMX1821 via SP FlashTool 100% Work

Atau mungkin jika Handphone Realme 3 sobat hanya mengalami sering hang pada saat digunakan, Lemot, sering blank dan ingin meng-update dengan cara flash, bisa ikuti tutorial ini hingga selesai. Caranya sangat mudah dipahami dan di jalankan jika sobat benar-benar mengikuti tutorial ini dari awal hingga selesai.

Sebelumnya saya juga sudah pernah membuat artikel tentang cara mengatasi Cara Flash Realme C3 RMX2020 Via SP Flashtool 100% Work. Silahkan kunjungi halaman terbesut untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Flash Realme 3 RMX1821 Via SP Flashtool ini terbilang cukup mudah, namun tetap memiliki resiko, Sebelum membuat artikel ini, tentu saya sudah mempraktekannya terlebih dahulu dan hasilnya 100% berhasil. Tak usah lama-lama, langsung saja kita siapkan keperluan yang diperlukan untuk proses Flashing ini.

Cara Flash Realme 3 RMX1821 via SP FlashTool

Sebelum kita mulai, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan dibawah ini, jika di perlukan siapkan kopi juga untuk menunggu waktu Download.

Bahan-bahan yang di perlukan:

  1. Download Firmware Realme 3 Atau pilih disini Stock ROM Realme 3 RMX1821
  2. Download Driver Universal QcomMTK Driver Setup V3.0.3
  3. Download SP Flash Tool Mediatek (MTK) Update 2024 (Pilih versi terbarunya)
  4. Download Libusb-win32
  5. Download file Auth_Bypass_Tool_v6+libUSB

Langkah-langkah Flash Realme 3 RMX1821

  1. Download semua bahan-bahan yang sudah di sediakan diatas, kemudian ekstrak dan jadikan dalam satu folder.
  2. Matikan atau non aktifkan Anti Virus pada PC sobat, jika sobat menggunakan Antivirus pada Windows sobat.
  3. Buka folder QcomMTK Driver Setup V3.0.3 yang sudah di ekstrak, kemudian install drivernya dengan cara klik kanan “Run as administrator” dan tunggu hingga proses installasi selesai.
  4. Buka folder SP Flash Tool yang sudah di ekstrak, kemudian jalankan flash_tool.exe dengan cara klik kanan “Run as administrator”.
  5. Klik tombol close jika muncul notifikasi “The scatter file cannot open”, kemudian klik tombol choose pada Scatter-loading file dan cari file firmware Realme 3 yang sudah di download dan di ekstrak, kemudian klik Open dan tunggu sampai proses load selesai.
  6. Buka folder Auth Bypass Tool yang sudah di download dan di ekstrak tadi, kemudian install LibUSB dengan cara klik kanan lalu pilih “Run as administrator” dan tunggu hingga proses install selesai. Centang pada bagian “Install a device filter” kemudian next.
  7. Pastikan ponsel Realme 3 sobat Terisi cukup baterai, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  8. Ponsel Realme 3 dalam posisi mati, tekan dan tahan tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan, kemudian hubungkan ponsel ke PC menggunakan kabel USB. 
  9. Buka Device manager dan pastikan ponsel Realme 3 sudah terdeteksi device manager dan libUSB. 
  10. Pada libUSB, klik tombol install pada drivers Realme 3 yang muncul di libUSB. Biasanya driver ini muncul tidak lama, dan perlu dengan cepat meng-klik tombol install. 
  11. Jika drivers Realme 3 sudah terinstall dengan baik, maka akan terdeteksi sebagai MediaTek/MTK driver pada device manager. 
  12. Lepas atau cabut kabel USB dari ponsel Realme 3. 
  13. Jalakan mtk_bypass_rev3.exe dengan cara klik kanan “Run as administrator” dan tunggu hingga MCT bypass tool terbuka. 
  14. Klik tombol Bypass pada MTC bypass tool hingga muncul tulisan waiting for brom
  15. Ponsel Realme 3 masih dalam posisi mati, tekan dan tahan tombol Volume atas dan Volume bawah secara bersamaan dan kemudian hubungkan ponsel ke Laptop/PC menggunakan kabel USB. 
  16. Proses bypass akan berjalan secara otomatis, tunggu saja hingga proses nya selesai ditandai dengan notifikasi “Protection Disable” berwarna hijau.
  17. Kembali ke SP FlashTool yang sudah di setting tadi, klik tab Option > lalu menu Connection dan centang pada bagian UART. Dan pada bagian Com port pilih sesuai Com yang muncul di device manager, lalu pada Baud rate pilih yang paling atas. Kemudian klik tombol close pada menu Options nya. 
  18. Klik tombol Download pada SP FlashTool dan tunggu hingga proses flashing Realme 3 berjalan tanpa error dan selesai 100%.
  19. Proses flashing sukses ditandai dengan Centang berwarna Hijau dan ada keterangan “Download OK”.
  20. Lepas kabel USB dan nyalakan ponsel Realme 3 sobat seperti biasa.
  21. Proses Booting ini biasanya memakan waktu yang cukup lama, bahkan bisa sampai 15 menit. Jadi tunggu saja dan bersabarlah.

Selamat ponsel Anda sudah berhasil di flash ulang, dan kini tinggal Anda setup saja ponsel Realme 3 RMX1821 hingga masuk ke menu ponsel. Dan sobat sudah dapat menggunakan ponsel Realme 3 dengan normal tanpa kendala.

Demikian tutorial kali ini tentang cara Flash Realme 3 RMX1821 via SP FlashTool 100% Work, semoga dapat bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil tanpa ada kendala sedikitpun.