Pengertian Transformator, Fungsinya dan Cara Kerjanya

Pengertian Transformator - Transformator sering di kenal atau sering di sebut dengan Trafo, Komponen ini sangat umum digunakan pada rangkaian elektronik, sebagai perbah arus tegangan. Trafo dapat digunakan untuk menaikan atau menurunkan tegangan sesua dengan type Transformator itu sendiri, hampir setiap rangkaian elektronika biasanya menggunakan Trafo Step Down yang berfungsi untuk menurunkan tegangan.

Pengertian Transformator, Fungsinya dan Cara Kerjanya

Transformator adalah sebuah komponen elektronika yang hanya terdiri dari sebuah lilitan-lilitan tembaga yang disusun sedemikian rupa yang berfungsi untuk mentransfer tegangan listrik dari primer ke sekunder melalui induksi elektromagnet. Dikarenakan rata-rata rangkaian elektronika menggunakan tegangan catu daya yang rendah, maka menggunakan trafo sangat mutlak digunakan sebagai alat pengganti baterai untuk menurunkan tegangan PLN 220V menjadi tegangan yang lebih rendah, seperti contoh:
Sebuah radio menggunakan 4 buah Batterai yang disusun secara seri, maka dapat diketahui voltase radio tersebut adalah 4 batterai x 1,5V = 6V (1 buah batterai 1,5V) maka kita dapat menggunakan transformator sebagai pengganti 4 buah batterai tersebut dengan syarat terdapat 6V pada bagian sekunder sebuah trafo.

Jenis-jenis Transformator
Transformer Step Down adalah Transformer yang berfungsi untuk menurunkan tegangan arus bolak - balik (AC) dari listrik PLN, dan biasanya juga trafo jenis ini disebut dengan trafo penurun tegangan. Pada Trafo ini terdapat dua bagian lilitan yaitu bagian Primer dan bagian Sekunder, jenis Trafo ini memiliki jumlah lilitan Primer lebih banyak daripada bagian Sekunder.

Pengertian Transformator, Fungsinya dan Cara Kerjanya

Baca juga: Pengertian Induktor, Fungsinya dan Cara Kerjanya
Transformer Step Up adalah transformator yang berfungsi untuk menaikan tegangan bolak-balik. Trafo jenis ini biasanya disebut dengan trafo penaik tegangan.

Pengertian Transformator, Fungsinya dan Cara Kerjanya

Fungsi Transformator
Dari kedua jenis trafo diatas, keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu berfungsi untuk merubah arus tegangan listrik dari primer ke sekunder melalui induksi elektromagnet.



Demikian sedikit penjelasan tentang Pengertian Transformator, Fungsinya dan Cara Kerjanya, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua dalam dunia Elektronika. Salam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Transformator, Fungsinya dan Cara Kerjanya"

Post a Comment