Macam Macam Komponen Penting Dalam Elektronik

Komponen Penting Dalam Elektronik - Ada banyak jenis dan macam macam komponen dalam dunia elektronik, dan disini akan kita bahas komponen yang pada umumnya banyak digunakan oleh para teknisi elektronika. Komponen elektronika ini terdiri dari satu atau lebih bahan elektronika, yang terdiri dari satu atau beberapa unsur materi dan jika disatukan, untuk desain rangkaian yang diinginkan dapat berfungsi sesuai dengan fungsi masing-masing komponen, ada yang untuk mengatur arus dan tegangan, meratakan arus, menyekat arus, memperkuat sinyal arus dan masih banyak fungsi lainnya.

Macam Macam Komponen Penting Dalam Elektronik

komponen elektronik
Image from: Google.com

Komponen elektronik terbagi menjadi dua, yaitu komponen aktif dan komponen pasif. Komponen aktif dan komponen pasif merupakan satu kesatuan dalam rangkaian elektronia yang tidak dapat dipisahkan. Contoh, jika didalam sebuah rangkaian terdapat komponen transformator, maka disitu juga akan terdapat komponen Dioda dan atau Transistor. Berikut adalah Macam macam nama komponen penting elektonik:

Komponen aktif

  1. Dioda
  2. Dioda cahaya
  3. Dioda foto
  4. Dioda laser
  5. Dioda Zener
  6. Dioda Bridge
  7. Dioda Schottky
  8. Transistor
  9. Transistor efek medan
  10. Transistor bipolar
  11. Transistor IGBT
  12. Transistor Darlington
  13. Transistor foto

Komponen pasif

  1. Resistor atau tahanan
  2. Kapasitor atau kondensator
  3. Induktor atau kumparan
  4. Transformator

Demikian artikel tentang  Macam Macam Komponen Penting Dalam Elektronik yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita seputar elektronik. Mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan, Salam.